Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi – Mengidap penyakit asam urat menjadikan beberapa orang pilah pilih dengan makanan yang akan dikonsumsinya. Bukan tanpa alasan, kadar asam urat dalam tubuh biasanya akan meningkat tajam setelah mereka mengkonsumsi makanan yang tinggi akan fruktosa atau zat purin.

Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita asam urat yang bisa menurunkan serta mengontrol kadar asam urat yang terdapat di dalam tubuh:

  • Buah-buahan yang diperkaya vitamin C

Jenis vitamin yang satu ini memang sudah diketahui bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan asam urat tinggi adalah 500 mg/hari.

Biasanya, vitamin C ini ditemukan pada buah. Buah untuk penderita asam urat yang paling direkomendasikan di antaranya ceri, apel, berry, pir, jeruk nipis atau lemon, mentimun dan nanas.

  • Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sayur termasuk makanan yang paling direkomendasikan untuk penderita asam urat tinggi. Lantaran pada jenis sayuran tertentu bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Jenis sayuran yang bisa menurunkan kadar asam urat tinggi tersebut antara lain wortel, tomat dan parsley.

  • Makanan berserat

Makanan untuk penderita asam urat selanjutnya ialah makanan yang diperkaya oleh serat seperti sereal. Sereal adalah salah satu makanan yang seringkali menjadi alternatif mudah untuk sarapan di pagi hari. Pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi namun rendah gula.

  • Omega 3

Omega 3 adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Zat ini sering ditemukan dalam ikan. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda konsumsi dengan aman adalah ikan gabus, ikan makarel, ikan sembilang dan ikan kod.

  • Dairy Product

Dairy product atau produk pilihan olahan tampaknya masuk dalam makanan yang bisa Anda konsumsi. Berikut merupakan dairy product yang dapat dikonsumsi untuk melengkapi asupan protein hewani tanpa khawatir kadar asam urat meningkat adalah keju dan yoghurt.

  • Telur organik

Bagi pengidap asam urat yang terkadang bingung memilih asupan protein hewani, karena mengingat konsumsi daging harus dibatasi. Telur organik inilah yang menjadi salah satu makanan yang bisa menjaga bahkan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Telur sendiri mengandung purin yang relatif rendah sehingga aman untuk Anda konsumsi.

Jenis makanan untuk penderita asam urat yang sudah diulas di atas bisa menjadi makanan alternatif yang bisa Anda konsumsi. Seimbangkan pula dengan mengonsumsi air putih dan memperbaiki gaya hidup untuk memperoleh tubuh yang bebas dari rasa nyeri akibat asam urat, semoga bisa bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 20/12/2017 — 11:01 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme