Ciri Ciri Penyakit Bronkitis

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis – Seorang perokok dan orang yang mengidap infeksi pernapasan menahun sangat rentan sekali terserang bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit peradangan tabung bronkus (saluran pernapasan utama di paru paru). Gejala bronkitis kerapkali mirip dengan gejala penyakit saluran pernapasan lainnya.

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis

Anda mungkin sudah tak asing lagi mendengar penyakit bronkitis, karena boleh jadi kerabat atau teman Anda ada yang sedang atau sudah pernah menderita bronkitis. Meski begitu, masih banyak orang yang tak tahu pasti seperti apa ciri ciri penyakit bronkitis ini. Tentu, ada ciri ciri yang membedakan antara penyakit bronkitis dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

Ciri ciri penyakit bronkitis yang paling gampang terlihat adalah batuk. Batuk yang dialami biasanya batuk kering. Namun beberapa hari kemudian bisa berubah menjadi batuk berdahak dengan lendir berwarna kuning abu.

Batuk akibat bronkitis bisa berlangsung selama beberapa minggu. Anda juga mungkin dapat merasakan nyeri di bagian otot dada dan perut saat batuk. Beberapa orang juga bahkan dapat mengalami sesak napas atau bengek karena peradangan disaluran pernapasan. Namun gejala ini lebih sering muncul pada kasus bronkitis kronis.

Gejala Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis sering disebut penyakit COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease). Ciri ciri dari COPD mencakup:

  • Bengek
  • Batuk berdahak yang sangat membandel
  • Sering kehabisan napas saat berolahraga atau saat aktif bergerak
  • Infeksi saluran pernapasan yang berulangkali terjadi

Ciri ciri penyakit bronkitis kronis di atas seringkali semakin memburuk ketika cuaca sedang dingin dan umumnya kondisi ini terjadi sebanyak 2 kali bahkan bisa lebih dalam setahun.

Kapan Harus Pergi Ke Dokter?

Segera periksakan diri ke dokter jika:

  • Batuk semakin parah atau berlangsung selama lebih dari tiga minggu
  • Mengalami demam (sekitar 38°C atau bahkan lebih) selama lebih dari tiga hari
  • Batuk berdahak diikuti dengan bercak darah
  • Napas menjadi lebih cepat yaitu lebih dari 30 napas permenit atau dada terasa nyeri
  • Mudah mengantuk dan kebingungan
  • Mengalami serangan penyakit bronkitis berulang

Untuk gejala penyakit bronkitis biasa (bukan kronis) biasanya akan berkurang setelah beristirahat dan banyak konsumsi air. Namun gejala bronkitis kronis tak akan hilang selama berhari-hari dan sering kambuh.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp