Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Tidak ada komentar 9 views

Selamat datang di situs www.beritaharianmu.com, di sini anda akan menemukan infromasi akurat dan terpercaya tentang kesehatan. Kami telah berpengelaman dalam memberikan informasi seputar kesehatan, jadi kami pastikan di sini anda akan menemukan informasi yang tepat.

Pada poastingan kali ini, kami akan membahas tentang Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang penyakit batu ginjal simak artikel ini sampai tuntas.

Penyakit Batu Ginjal

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada ginjal, dan sering kita temui di masyarakat. Kristal keras seperti batu ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bahkan batu keras ini bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan pada saluran kemih atau bahkan infeksi berat.

Kristal keras seperti batu yang ada dalam ginjal ini terjadi karena adanya endapan yang secara terus menerus terkumpul hingga menjadi kristal yang membeku. Kristal keras akan terus membesar, hingga akhirnya menyebabkan terganggunya fungsi ginjal.

Penyebab Batu Ginjal.

  • Kurang minum air putih sehingga jumlah pengeluran urin sedikit.
  • Sering menahan kencing, yang akan menyebabkan urin menjadi pekat.
  • Pekatnya kadar garam di dalam urin yang beresiko terjadinya endapan batu pada saluran kemih.
  • Kadar kimia yang ada dalam purin terlalu banyak.
  • Kelebihan vitamin D, dan asam urat tinggi
  • Terlalu banyak konsumsi kalsium yang tidak larut sepenuhnya

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Seseorang yang menderita batu ginjal akan mengalami beberapa gejala seperti berikut :

  • Kesulitan buang air kecil

Adanya batu ginjal pada saluran kemih akan membuat terganggunya aliran urin yang akan keluar. Tetapi, umumnya kondisi ini akan dialami jika batu ginjal sudah benar-benar besar dan masuk ke dalam saluran kemih. Selain mengalami kesulitan, bahkan penderita juga akan mengalami nyeri pada saat buang air kecil.

  • Sering buang air kecil tapi tidak tuntas

Saat setelah melakukan buang air kecil, anda akan merasa seperti masih ada urine yang tersisa. Kondisi seperti ini, akan membuat anda lebih sering keluar masuk toliet.

  • Rasa sakit pada bagian belakang atau sisi tubuh.

Karena ginjal tepat berada pada tubuh bagian belakang, sehingga adanya batu ginjal akan membuat nyeri dan juga pegal. Kondisi ini bisa terjadi akibat tidak lancarnya sirkulasi darah, untuk mengatasinya anda bisa melakukan olahraga secara teratur.

  • Urin mengandung darah dan protein dan terlihat pekat (tidak jernih)

Jika saat buang air kecil urin terlihat mengandung darah atau tidak jernih, maka ini tandanya bahwa batu ginjal yang anda alami telah menimbulkan luka atau infeksi yang serius. Infeksi akibat batu ginjal ini akan semakin membesar, dan akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

  • Demam dan sering muntah

Penderita batu ginjal akan mengalami kekurangan daya tahan tubuh. Sehingga dalam kondisi tertentu akan mengalami demam dan sering muntah.

  • Sakit Di Sekitar Kemaluan Saat Buang Air Kecil

Selain mengalami sulit dan buang air sering tidak tuntas, penderita batu ginjal juga akan merasakan nyeri tepatnya di atas kemaluan. Kondisi seperi ini umumnya terjadi jika penyakit sudah benar-benar parah, dan harus di tangani langsung oleh medis.

Bagi anda yang mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat. Jika mendapatkan penanganan sejak dini resiko batu ginjal akan mengecil. Tetapi, jika terus di biarkan kondisi ini akan memperburuk kesehatan anda, terutama fungsi ginjal yang akan terganggu.

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Demikian informasi tentang ciri-ciri penyakit ginjal. Pastikan anda menerapkan pola hidup sehat, dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin. Karena hal itu merupakan cara mudah untuk menghindari resiko terkena penyakit batu ginjal.

Post by : Berita Harian

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal"