Ciri Ciri Asam Urat dan Rematik

Ciri Ciri Asam Urat dan Rematik

Ciri Ciri Asam Urat dan Rematik – Nyeri sendi yang sedang Anda derita apakah akibat dari asam urat ataukah rematik? Awalnya mungkin akan sangat sulit membedakan antara asam urat dan rematik. Tidak heran, lantaran kedua penyakit ini memang mempunyai ciri ciri yang hampir sama. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai ciri ciri asam urat dan rematik.

Ciri Ciri Asam Urat dan Rematik

Ciri ciri asam urat

Asam urat mempunyai efek yakni memunculkan rasa nyeri yang akan menganggu aktivitas. Jika penyakit ini dibiarkan, maka bisa berpengaruh buruk pada kerapuhan sendi bahkan kelumpuhan. Jadi, asam urat merupakan penyakit yang harus Anda waspadai. Untuk mengetahui tanda-tanda munculnya asam urat, berikut kami paparkan mengenai ciri ciri asam urat yang penting diketahui:

  • Rasa nyeri dibagian sendi kaki

Penyakit asam urat sering menyerang bagian sendi kaki yang merupakan penopang tubuh. Efek yang dihasilkannya yaitu sendi terasa sangat tidak nyaman dan lemah untuk digerakan. Ciri ciri ini sering muncul saat malam hari dengan rasa nyeri yang tak tertahankan.

  • Jempol kaki terasa tak nyaman

Bukan hanya menyerang sendi kaki, penyakit asam urat juga dapat sebabkan jempol kaki tidak nyaman. Sehingga, membuat penderitanya menjadi susah tidur, mudah emosi, tubuh terasa lemah dan susah untuk menggerakan jempol kaki.

  • Sensasi terbakar pada kaki

Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa memunculkan rasa panas mulai dari jempol kaki sampai ke semua bagian kaki. Meski ciri ciri ini muncul hanya beberapa saat tapi bisa sangat mengganggu penderitanya.

  • Jaringan pada sendi mengeras

Ciri ciri selanjutnya adalah sendi terasa nyeri dan kaki sulit digerakan. Bila tidak dirawat, akan berpengaruh buruk serta membuat sendi menjadi mati rasa bahkan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

  • Sendi memerah

Sendi memerah disertai rasa terbakar di bagian sendi menandakan bahwa kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi.

  • Tidak dapat bergerak bebas

Kristal asam urat yang menumpuk, lama kelamaan bisa membatasi gerak bebas sendi. Bila kristal yang menumpuk sudah banyak, maka tidak menutup kemungkinan bisa menyebar ke bagian sendi-sendi lainnya.

  • Sendi terasa bersisik

Ciri ciri ini muncul bersamaan dengan sendi yang terasa sangat panah, memerah dan juga gatal. Ciri ciri ini ditandai dengan bagian kulit persendian yang mulai mengeras.

Ciri ciri Rematik

Sama seperti asam urat, rematik juga memunculkan rasa nyeri yang sangat mengganggu aktivitas. Rematik merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa memperburuk kesehatan sendi. Untuk mengetahui, kemunculan penyakit ini tentunya Anda harus mengetahui berbagai ciri ciri dari penyakit rematik. Berikut ciri ciri rematik yang harus diketahui:

  • Sendi membengkak

Rematik bisa sebabkan sendi membengkak. Bukan hanya sendi, terkadang juga menyerang otot. Pembengkakan tersebut disebabkan karena adanya akumulasi cairan yang sering terjadi dibagian pergelangan kaki. Cairan yang terakumulasi inilah yang kemudian membentuk kista, sehingga terjadilah pembengkakan.

  • Kesemutan

Kesemutan terjadi karena peredaran darah yang tak lancar. Seringkali kesemutan ini disertai dengan mati rasa dibagian sendi yang membuat penderitanya menjadi susah bergerak.

  • Sendi terasa nyeri, kaku dan susah bergerak

Ciri ciri rematik yang sering muncul ialah nyeri dan juga kaku dibagian sendi saat bangun tidur atau setelah duduk lama. Sendi kaku yang disebabkan karena rematik ditandai dengan kaku di bagian sendi manapun.

  • Kulit lebam

Bila kulit Anda lebam tanpa ada benturan fisik, ada kemungkinan Anda sedang menderita penyakit rematik. Terlebih lagi jika lebam tersebut ada di bagian sendi layaknya seperti yang sudah terbentur sesuatu.

  • Kulit memerah

Waspadai jika kulit pada permukaan sendi Anda berubah warna menjadi kemerahan. Karena ada kemungkinan Anda tengah menderita penyakit rematik.

  • Seperti flu

Rematik juga memiliki ciri ciri seperti seseorang yang sedang flu yaitu demam dan disertai dengan rasa lelah pada tubuh, tulang terasa nyeri dan penurunan berat badan. Mungkin ciri ciri ini sedikit susah untuk dibedakan apakah ditimbulkan akibat flu atau akibat rematik. Namun jika tubuh Anda terus menerus terasa lelah atau terus menerus mengalami penurunan berat badan. Maka, ada kemungkinan Anda tengah menderita rematik.

  • Nyeri di bagian dada

Pada tahap yang serius, rematik ditandai dengan rasa sakit yang muncul di bagian dada. Rasa nyeri yang dimunculkan juga susah dibedakan dengan rasa nyeri yang muncul akibat penyakit jantung dan juga sesak napas.

  • Terdapat benjolan

Rematik juga ditandai dengan adanya benjolan kecil seukuran kacang hijau di bagian bawah kulit. Tepatnya di dekat persendian. Benjolan tersebut akan ada selama Anda masih menderita penyakit rematik.

Itulah ciri ciri asam urat dan rematik yang harus Anda ketahui.Saat ciri ciri asam urat dan rematik di atas muncul, ada baiknya Anda langsung menemui dokter agar mengetahui bagaimana kondisi kesehatan sendi dan juga otot Anda.  Apabila ditangani dengan perawatan yang tepat, maka ciri ciri tersebut akan hilang. Namun sebaliknya, apabila perawatan yang digunakan tidak tepat maka ciri ciri di atas akan lebih sering untuk muncul.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp