CIRI BENJOLAN DI PAYUDARA

Tidak ada komentar 12 views

CIRI BENJOLAN DI PAYUDARA – Selamat datang di situs www.beritaharianmu.com, di sini anda akan menemukan banyak infiormasi tentang kesehatan. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang ciri-ciri benjoalan di payudara. Untuk mengetahui apa ciri-ciri, diagnosa, dan fektor penyebab benjolan di payudara, simak artikel berikut ini :

Waspada Dengan Benjolan Di Payudara!

CIRI BENJOLAN DI PAYUDARA

Payudara merupakan bagian terpenting bagi seorang perempuan. Bahkan saat ini, perempuan menghalalkan banyak cara dan rela mengocek banyak rupiah agar payudara yang mereka miliki kelihatan indah dan seksi. Namun, bagaimana jadinya jika pada payudara mereka terdapat gangguan seperti benjolan?

Benjolan di payudara tentunya akan sangat mengganggu bahkan bisa membahayakan kesehatannya. Karena mungkin saja benjolan tersebut adalah pertumbuhan tumor atau gejala kanker payudara. Bagi anda yang mengalami hal tersebut, maka segeralah lakukan pemeriksaan agar benjolan pada payudara anda dapat di diagnosa secara tepat.

Memang bukan hanya perempuan yang dapat terserang benjolan atau tumor pada payudara, laki-laki juga bisa terkena. Tetapi, yang paling beresiko dan yang paling banyak kasus terjadi pada perempuan.

Tidak semua benjolan bisa di diagnosa sebagai kanker, ada juga kasus lain yang tanda tandanya berupa benjolan. Ternyata dokter berkata lain mengenai hal ini “Tidak perlu panik. 8 dari 10 benjolan yang ditemukan di area payudara bukanlah kanker,” kata dr. Saptadi Setia Basuki, Sp.B.Onk dari Yayasan Kanker Indonesia.

Diagnosa Benjolan Di Payudara

Meski sebagian besar benjolan di payudara bukanlah kanker, Saptadi mengemukakan jika seseorang merasakan benjolan di area payudara atau ketiak, sebaiknya mereka memeriksakan diri. Saptadi mengatakan bahwa penyakit kanker payudara dapat dicegah dan disembuhkan oleh pendeteksian dini dan penanganan oleh tenaga medis yang tepat.

Deteksi dini penmyakit kanker payudara, biasanya dilakukan melalui tiga tahap pemeriksaan yaitu melalui proses mamografi, USG, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Waktu yang tepat dan baik untuk melakukan pemeriksaan payudara adalah seminggu sesudah menstruasi. Jika anda tidak mengalami menstruasi, tetapkan satu hari dalam ssatu bulan untuk melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan kedua tangan berada di sisi tubuh dan angkat kedua lengan hingga di atas kepala. Kemudian cari dan perhatikan apakah ada perubahan pada payudara, seperti pembengkakan, benjolan, atau kelainan pada bagian puting. Ingat pada setiap perempuan, kondisi payudara kanan dan kiri pasti akan berbeda dan tidak sama persis.

Pemeriksaan selanjutnya dilakukan sambil berdiri tegak kemudian tekan payudara kuat-kuat dengan menggunakan ujung jari. Hal ini dilakukan untuk merasakan jaringan internal pada payudara. Periksa bagian payudara kiri dengan tangan kanan, dan sebaliknya. Jika terbukti terdapat kelainan di sekitar payudara, atau terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak maka segera lakukan pemeriksaan secara medis.

Ciri Benjolan di Payudara

Gejala dan tanda yang perlu anda waspadai antara lain pembengkakan seluruh payudara atau sebagian payudara, iritasi pada kulit atau tonjolan pada sekitar payudara, nyeri pada payudara, rasa sakit pada puting atau puting yang masuk ke dalam, kemerah-merahan, bersisik atau penebalan pada puting susu atau kulit payudara anda, adanya cairan keluar dari payudara tapi bukan ASI dan ada benjolan di daerah ketiak.

Faktor yang perlu diperhatikan antara lain menjaga berat badan tetap ideal, kesehatan serta kebugaran tubuh, diet rendah lemak, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain itu, lakukan olah raga minmal 2 jam dalam seminggu. Serta kurangi konsumsi alkohol, rokok, dan pastikan anda menghindari stres.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa menemukan informasi, tentang apa yang sedang anda cari. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi situs kami, Salam sehat keluarga Indonesia.

Post by : Berita Harian

CIRI BENJOLAN DI PAYUDARA

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "CIRI BENJOLAN DI PAYUDARA"