Cara Terapi Asam Urat Tanpa Obat

Cara Terapi Asam Urat Tanpa Obat

Cara Terapi Asam Urat Tanpa Obat – Asam urat adalah penyakit yang muncul akibat adanya penumpukan purin dalam tubuh yang terlalu tinggi sehingga membuat kinerja ginjal terhambat. Orang yang menderita asam urat akan merasakan nyeri di bagian sendinya.

Cara Terapi Asam Urat Tanpa Obat

Umumnya asam urat menyerang orang tua. Tapi saat ini bukan hal yang mustahil asam urat menyerang mereka yang berusia muda. Penyebabnya yaitu gaya hidup yang tak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berpurin dan berlemak.

Bila saat ini Anda menderita asam urat, ada sejumlah terapi untuk menurunkan kadar asam urat dan meringankan nyeri akibat asam urat. Berikut merupakan macam-macam terapi untuk turunkan kadar asam urat yang bisa dilakukan:

  • Terapi dengan jus buah yang diperkaya vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin C memiliki fungsi meningkatkan ekskresi asam urat melalui saluran urin sehingga kadarnya dalam tubuh bisa berkurang. Dosis untuk konsumsi vitamin C bagi para penderita asam urat idealnya 75 gram per hari.

  • Terapi minum air putih

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, otomatis akan berpengaruh pada peningkatan kadar asam urat di dalam darah lantaran bisa menyebabkan pengentalan pada darah. Karena itulah, konsumsi air putih sangat disarankan bagi penderita asam urat.

  • Terapi dengan tanaman herbal

Selanjutnya, terapi yang bisa dilakukan ialah menggunakan tanaman herbal. Beberapa tanaman yang bisa membantu Anda menurunkan kadar asam urat di antaranya jahe, rosella, seledri, daun salam, kumis kucing, anting-anting, sambiloto dan masih banyak lagi.

  • Terapi dengan berolahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan penderita asam urat. Olahraga bisa membantu penderita asam urat memperlancar peredaran darahnya. Bila kondisi peredaran darah lancar, maka secara otomatis penyebaran nutrisi serta zat lain yang diperlukan tubuh juga akan lancar.

Selain itu peredaran darah yang lancar juga bisa mengurangi gejala asam urat seperti rasa nyeri dan bengkak di persendian. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki, senam, berenang dan bersepeda.

Nah itulah macam-macam terapi unruk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ada baiknya Anda memutuskan terapi mana yang cocok yang bisa dilakukan lalu lakukan terapi tersebut dengan rutin supaya kesehatan Anda makin membaik. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp