Cara Mudah Mengobati Luka Melepuh

Cara Mudah Mengobati Luka Melepuh

Cara Mudah Mengobati Luka Melepuh – Lepuh merupakan kantong cairan yang terbentuk dibawah kulit. Biasanya disebabkan karena gesekan yang berlebihan, terbakar atau karena paparan bahan kimia. Luka melepuh bisa terasa sakit bila ditekan. Luka tersebut harus diobati dengan benar dan tepat supaya tidak memunculkan infeksi. Lalu bagaimana cara mengobati luka melepuh dengan tepat?

Cara Mudah Mengobati Luka Melepuh

Bila luka lepuh tersebut tak terlalu sakit, pertahankan agar kantong cairannya tetap utuh. Kantong tersebut bisa memberikan perlindungan alami terhadap bakteri. Dengan demikian, risiko terjadinya infeksi dapat berkurang.

Jangan tergoda memecahkan luka melepuh, kecuali luka tersebut memang terasa sakit atau membuat Anda sulit bergerak. Terdapat 3 cara pengobatan yang mudah untuk mengobati luka melepuh. Cara pertama, selalu hindari sumber gesekan. Sebisa mungkin, jangan menekan lukanya. Kedua, lindungi luka hingga sembuh. Ketiga, kurangi nyeri karena lepuh dan serap cairan dalam kantong luka. Caranya seperti berikut ini.

Langkah cara mudah mengobati luka melepuh

  • Cuci tangan serta bagian kulit yang melepuh dengan sabun kemudian bilas dengan air hangat
  • Oles luka lepuh tersebut dengan iodin atau usapkan dengan alkohol
  • Siapkan jarum yang tajam yang telah disterilkan alkohol
  • Pakai jarum yang telah disiapkan tersebut untuk menusuk kantong cairan pada luka melepuh. Tusuk di beberapa titik dibagian tepi kantong tersebut. Biarkan cairan keluar dengan sendirinya. Jangan mencabut bagian kulit diatasnya.
  • Pakai salep antibiotik untuk mengolesi luka tapi minta petunjuk dokter terlebih dahulu sebelum memakainya. Kemudian, tutup luka dengan bantalan kasa atau perban.
  • Setelah beberapa hari potong semua kulit mati menggunakan gunting dan pinset. Pastikan gunting dan pinset sudah disterilkan dengan alkohol.
  • Lalu oles luka dengan salep kemudian tutup dengan perban.

Bila Anda menderita diabetes atau mempunyai peredaran darah yang kurang bagus, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengaplikasikan cara-cara tadi. Infeksi juga dapat terjadi di area sekitar luka melepuh.

Infeksi dapat terjadi bila muncul tanda seperti kemerahan, nanah, nyeri atau kulit yang hangat. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut, segera periksakan ke rumah sakit sebelum terjadi hal hal yang tak diharapkan.

Luka lepuh juga dapat disebabkan karena sesuatu yang sering digunakan seperti misalnya sepatu yang kurang nyaman dipakai. Karena itulah sebaiknya Anda lebih teliti lagi dalam membeli sepatu. Memang sepatu yang kurang cocok bukanlah satu-satunya yang bisa menyebabkan luka melepuh.

Tapi, hal inilah yang paling umum membuat kulit kaki melepuh. Tentu Anda tidak mau kulit menjadi rusak hanya karena memaksakan sepatu bukan? Sebab itulah ikuti langkah cara mudah mengobati luka melepuh di atas agar kulit bisa lebih enak dipandang.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp