Cara Menyembuhkan Luka Bakar

Cara Menyembuhkan Luka Bakar

Cara Menyembuhkan Luka Bakar

Cara Menyembuhkan Luka Bakar – Luka bakar merupakan suatu kondisi cedera pada kulit yang terjadi akibat adanya panas, seperti dari listrik, bahan kimia, radiasi atau api.

Luka bakar akan mempengaruhi kulit bagian luar dan menyebabkan lapisan kulit mengelupas. Namun tak jarang, luka bakar yang terjadi sampai ke jaringan yg lebih dalam, misalnya pada otot dan tulang.

Kondisi seperti ini tidak bisa di biarkan begitu saja. Karena, infeksi yang terjadi pada kulit bisa lebih kronis dan memudahkan berbagai bakteri dan kuman masuk ke dalam. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan luka bakar.

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk menyembuhkan luka bakar :

1. Madu

Manfaat madu memang sudah tidak diragukan lagi, termasuk sebagai obat luka bakar. Madu mempunyai kandungan zat antiseptik yang dapat menyembuhkan luka bakar secara alami. Madu akan berkerja dan meminimalisir rasa terbakar dan menyembuhkan luka hanya dalam beberapa hari. Cara penggunaannya cukup mudah hanya mengoleskan madu pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar manfaat dari madu meresap ke kulit.

2. Kulit pisang

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa sebenernya dibalik rasa buahnya yang enak, ternyata kulit pisangnya juga mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehatan kulit. Itu karena kulit pisang mempunyai banyak kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, fosfor dan kalium. Sehingga sangat tepat jika kulit pisang digunakan sebagai pengobatan luka bakar. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan kulit pisang bagian dalam ke bagian luka bakar. Disarankan sampai kulit pisang berwarna hitam agar zat yang terkandung dapat bekerja secara maksimal.

3. Lidah buaya

Latin aloe vera atau lebih di kenal sebagai Lidah Buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk mengobati luka bakar, karena gel yang ada dalam lidah buaya dapat menyerap rasa panas dan mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak akibat luka bakar. Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan gel yang ada dalam lidah buaya pada kulit yang terkena luka secara rutin.

4. Teh Hijau

Daun teh hijau sebenarnya mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Nama antioksidan dari daun teh adalah Epigallocatechin Gallate, dimana kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya peradangan terhadap kulit, dan mengatasi kondisi kulit yang terkena luka. Caranya adalah mencelupkan handuk kecil atau kain bersih pada teh hijau yang telah diseduh. Kemudian usapkan handuk atau kain yang telah basah secara perlahan pada kulit yang terkena luka bakar.

5. Cuka

Cuka merupakan salah satu jenis senyawa kimia organik yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Cara penggunaannya adalah dengan membasahi kapas atau kain dengan cairan cuka. Kemudian kompres luka bakar secara perlahan. Lakukan dengan cuka segar ketika rasa sakit pada luka bakar meningkat.

Nah, itulah 5 cara alami yang bisa anda coba di rumah untuk menyembuhkan luka bakar. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang ingin mendapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan tips pengobatan pastikan untuk gabung dengan kami di Facebook  Twitter  dan  Google+

Post by : Berita harian

Cara Menyembuhkan Luka Bakar

Updated: 16/03/2017 — 12:32 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme