Cara Menyembuhkan Gigitan Tawon

Cara Menyembuhkan Gigitan Tawon – Terkena gigitan tawon memang akan terasa sangat menyakitkan. Pasanyalnya tawon ini mempunyai entup yang ada di bagian ujung abdomennya, dan biasa digunakan untuk menyengat mangsanya. Nah, untuk mengatasinya berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara menyembuhkan gigitan tawon.

Cara Menyembuhkan Gigitan Tawon

Cara Menyembuhkan Gigitan Tawon

Tawon merupakan salah satu jenis serangga yang dapat menggigit dan menimbulkan luka yang cukup serius pada tubuh manusia. Bisa atau racun akibat gigitan tawon terkadang dapat menyebabkan sakit, bengkak bahkan demam berkepanjangan, terutama jika jumlah gigitan lebih dari satu.

Jangan pernah anda menganggap enteng jika terkena sengatan atau gigitan tawon. Karena dalam beberapa kasus yang terjadi ada reaksi gigitan tawon yang bisa menyebabkan kematian.

Reaksi alergi yang cukup kronis :

  • Sulit bernapas
  • Gatal-gatal dan tampak merah ke daerah di luar bagian yang tersengat
  • Bengkak di wajah, tenggorokan, dan jaringan mulut
  • Suara serak atau sulit menelan
  • Detak jantung yang cepat
  • Kegelisahan dan kecemasan
  • Timbul rasa pusing
  • Tekanan darah yang menurun tiba-tiba

Jika anda menemukan gejala seperti itu sebaiknya segera melakukan pemeriksaan atau cobalah untuk segera melakukan tindakan pertolongan pertama. Karena jika didiamkan, kondisi ini akan memperburuk kesehatan bahkan bisa menyebabkan infeksi yang menyebar ke seluruh organ tubuh.

Pertolongan pertama pada saat terkena gigitan tawon :

  • Saat pertama kali terserang gigitan, segera berpindah kedaerah yang aman untuk menghindari tawon
  • Buang tawon yang menyengat jika ditemukan masih menempel di kulit, agar racun yang masuk tidak terlalu banyak
  • Bersihkan bagian tubuh yang terkena gigitan dengan menggunakan sabun atau air
  • Kompres agian tubuh yang digigit menggunakan es batu untuk mengurangi bengkak, nyeri serta peradangan yang ditimbulkan.
  • Selain itu, untuk mengurangi bengkak yang timbul akibat gigitan tawon anda juga bisa menggunakan pasta gigi. Rasa mint yang terkandung dalam pasta gigi efektif mengobati gigitan tawon.
  • Jika nyeri yang timbul semakin kuat, maka anda bisa mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri agar lebih baik
  • Atau menggunakan krim untuk mengatasi sensasi terbakar yang biasanya timbul

Daftar Bahan Alami untuk Menyembuhkan Gigitan Tawon

Selain itu, anda juga harus melakukan pengobatan dengan bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat gigitan tawon. Masing-masing bahan tentunya memiliki efektivitas yang berbeda-beda. Nah, di antara bahan alami tersebut, sedikitnya ada 4 jenis dengan efektivitas yang sangat tinggi. Berikut adalah daftar bahan alami  untuk menyembuhkan gigitan tawon dan cara penggunaanya :

1. Daun Tembakau

Untuk mengatasi luka dan bengakak akibat gigitan tawon, bisa dengan menggunakan daun tembakau kering atau basah. Selain itu, kandungan nikotin yang ada dalam tembakau juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bisa racun yang masuk ke dalam tubuh akibat gigitan tawon. Cara penggunaannya yaitu dengan mengunyah daun tembakau agar bercampur dengan ludah, kemudian tempelkan pada luka sengatannya.

2. Madu

Bukan hanya rasanya yang manis tetapi banyaknya kandungan yang ada dalam madu ini menjadikan madu sebagai salah satu solusi untuk menyembuhkan gigitan tawon. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan madu pada sekitar tubuh yang tersengat. dengan menggunakan madu ini rasa sakit dan panas yang timbul akibat gigitan tawon akan hilang.

3. Bawang Bombay

Bawang bombay tidak hanya digunakan dalam masakan. Namun, kandungan minyak atsiri yang memiliki sifat antitoksik di dalam bawang ini mampu megatasi gigitan tawos secara alami. Dengan menekan luka sengatan menggunakan irisan bawang bombay, racun yang ada dalam tubuh akibat sengatan akan berangsur-angsur mati.

4. Kentang Mentah

Untuk menghilangkan sensasi panas yang timbul akibat gigitan tawon anda bisa menggunakan irisan kentang mentah. Caranya adalah dengan mengambil satu buah kentang berukuran sedang, potong menjadi 2 bagian kemudian tempelkan irisan pada luka yang membengkak. Maka dengan begitu luka akan dengan cepat mengempis.

Itulah informasi pertolongan pertama dan cara menyembuhkan gigitan tawon dengan bahan alami yang bisa anda coba. Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang kesehatan dan tips pengobatan bisa KLIK DISINI >> QnC Jelly Gamat atau gabung bersama kami di  Facebook  Twitter  dan  Google+

Post by : Berita harian

Cara Menyembuhkan Gigitan Tawon

Updated: 21/03/2017 — 12:47 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme