Cara Menyembuhkan Bells Palsy dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Bells Palsy dengan Cepat – Pernahkah mendengar informasi tentang mencong yang terjadi pada salah satu sisi wajah? Kondisi ini pada umumnya hampir sama dengan gejala stroke. Namun, sebenarnya kondisi mencong pada salah satu sisi wajah ini ternyata bukan stroke tetapi penyakit dengan nama Bell’y Palsy. Berikut kami akan memberikan informasi tentang cara menyembuhkan Bells Palsy.

Apakah Penyakit Bells Palsy ini Berbahaya ?

Cara Menyembuhkan Bells Palsy dengan Cepat

Bell’s palsy merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah. Kondisi ini akan menyebabkan salah satu sisi wajah menjadi terlihat “melorot”.

Meski penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, namun kebanyakan Bell’s palsy terjadi pada wanita hamil, penderita diabetes, dan HIV.

Kelumpuhan yang terjadi pada salah satu sisi wajah ini biasanya akan menyebabkan mulut serta kelopak mata menjadi sulit untuk dibuka dan ditutup. Meskipun kondisi penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, tentu saja hal ini menyebabkan penderita menjadi terbatas dalam berbicara atau berkedip. Yang jelas kondisi ini akan menyebabkan penderitanya merasa minder dan kehilangan rasa percaya diri.

Kondisi ini memang tidak terlalu berbahaya bahkan bisa mendapatkan kesembuhan secara total. Namun, tetap saja dalam beberapa kondisi penyakit ini bisa semakin buruk bahkan bisa menyebabkan timbulnya komplikasi yang serius.

Komplikasi yang terjadi pada penderita Bell’s palsy sangat bergantung pada kerusakan saraf yang terjadi. Tetapi, komplikasi jangka panjang bisa saja terjadi terutama jika penderita berusia lebih dari 60 tahun, mengalami rasa sakit parah ketika gejala pertama muncul. Bahkan jika seorang penderita Bell’s palsy mempunyai riwayat diabetes dan hipertensi bisa saja mengalami lumpuh wajah total.

Cara Menghindari Bells Palsy :

  • Hindari wajah dari terpaan angin, kipas, maupun AC yang terlalu lama
  • Gunakan masker atau pelindung wajah ketika mengendarai motor terutama malam hari
  • Tidak boleh tidur dengan posisi wajah menempel pada lantai
  • Melatih otot wajah, sebisa mungkin di gerak-gerakkan
  • Hindari mandi dengan air dingin terutama malam hari

Cara Menyembuhkan Bells Palsy dengan Cepat

Jika anda mengalami masalah bell’s palsy sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan jangan sampai kondisi semakin parah. Jika sudah positif didiagnosis terkena penyakit bell’s palsy sebaiknya segera lakukan pengobatan. Salah satu cara menyembuhkan bells palsy dengan cepat adalah dengan melakukan terapi sederhana yang bisa anda coba di rumah.

Berikut ini adalah tips terapi yang bisa anda coba di rumah :

  • Sediakan botol plastik permukaannya rata, isi dengan air tidak terlalu panas (sesuaikan dengan kemampuan kulit)
  • Gelindingkan botol yang sudah terisi dengan air panas secara perlahan dan lembut pada permukaan wajah sampai kebagian belakang telingga agar kena pada pusat syaraf. Lakukan terapi ini minimal 3 kali dalam sehari.
  • Kemudian lakukan pijatan pada bagian wajah. Pastikan anda menggunakan minyak zaitun untuk memijat.
  • Tekhnik pemijatan bagian wajah dengan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Namun, lakukan pijatan dengan ahlinya jangan sampai anda melakukannya secara asal-asalan.
  • Yang terakhir latih otot-otot wajah dengan mengunyah permen karet

Itulah informasi tentang cara menyembuhkan bells palsy yang bisa anda coba di rumah. Semoga postingan kami kali ini bermanfaat untuk anda. Dapatkan informasi kesehatan lebih lengkap dengan gabung bersama kami di  Facebook  Twitter  Google+ atau  KLIK DISINI >> QnC Jelly Gamat

Post by : Berita harian

Cara Menyembuhkan Bells Palsy dengan Cepat

Updated: 22/03/2017 — 1:35 PM

1 Comment

Add a Comment
  1. Terimakasih informasinya yg sgt membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme