Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping – Siapa yang tak kenal jamur kuping? Sajian lezat yang menyerupai daun telinga ini sudah menjadi sajian umum masyarakat Indonesia. Karena dibalik kelezatannya itu, jamur kuping mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Apa itu kolesterol?

Dalam dunia medis, ada tiga jenis lemak didalam tubuh manusa. Di antaranya kolesterol, trigliserida dan fosfolipid. Lemak bersifat tak larut dalam air, sebab itulah lemak membutuhkan alat transportasi untuk membawanya didalam darah. Alat transportasi itulah yang kita sebut dengan LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik).

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping

LDL disebut kolesterol jahat lantaran alat transportasi ini membawa kolesterol ke dalam sel, termasuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah. Jika LDL tersebut teroksidasi, maka bisa sebabkan penumpukan plak yang bisa meningkatkan resiko terjadinya hipertensi dan juga penyakit jantung. Berbeda dengan LDL, HDL disebut kolesterol baik lantaran membawa kolesterol dari dalam sel menuju organ hati untuk kemudian dieliminasi dan dibuang dari dalam tubuh.

Selain itu, sejumlah penelitian mengatakan bahwa HDL mempunyai efek antiinflamasi, mencegah terjadinya oksidasi LDL, mengurangi pembentukan bekuan darah dan menstabilkan plak. Maka semakin tinggi kadar HDL dalam darah, maka semakin kecil pula resiko seseorang mengidap hipertensi dan penyakit jantung.

Apa saja bahaya yang bisa dimunculkan oleh tingginya kolesterol jahat dalam darah?

Karena aktifitas yang terlalu padat, kerapkali kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Bahkan saking sibuknya, kita hanya sempat mengonsumsi makanan cepat saji yang pastinya mudah dan juga lezat saat disantap.

Gaya hidup tersebutlah yang memicu tingginya kadar kolesterol jahat yang kemudian bisa sebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah yang meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Di Indonesia, saat ini stroke menjadi penyebab kematian ketiga terbesar setelah kanker dan penyakit jantung.

Sebab itulah pengobatan sangat perlu dilakukan guna mencegah berbagai bahaya yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebagai rekomendasi dari kami, lakukanlah pengobatan tradisional yang sudah pasti berkhasiat dan minim efek samping. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan Jamur Kuping.

Bagaimana jamur kuping bisa menurunkan kolesterol jahat?

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gang Chen dan tim di Cina mengatakan pemberian ektrak jamur kuping selama 8 minggu kepada tikus jantan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat secara total dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Hal ini diduga karena adanya kandungan serat di dalam jamur kuping. Serat tersebut mampu menurunkan penyerapan kolesterol di usus halus sehingga asam empedu dan juga kolesterol bisa diikat untuk dikeluarkan bersama kotoran.

Karena asam empedu banyak dikeluarkan bersama kotoran maka hal tersebut akan merangsang pembentukan kembali asam empedu dari kolesterol. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah semakin berkurang.

Cara mengonsumsi jamur kuping untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, Anda bisa menggunakan 15-30 gr jamur kuping hitam yang dimasak menjadi sup. Anda juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam sup tersebut, konsumsi 2 kali dalam sehari.

Sumber : Berita Harianmu

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jamur Kuping

Updated: 13/10/2017 — 10:14 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme