Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih – Kolesterol Anda cukup tinggi? Jangan cemas, karena sebetulnya kolesterol jahat yang tinggi tidak melulu harus disembuhkan dengan obat-obatan. Anda dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dengan rajin berolahraga dan makan makanan penurun kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih

Apa itu kolesterol? Mengapa harus diturunkan?

Memang, tidak semua jenis kolesterol itu jahat dan juga harus diturunkan. Karena sejatinya kolesterol bisa ditemukan dalam tiap sel tubuh dan mempunyai fungsi alami yang sangat penting. Kolesterol dihasilkan oleh tubuh secara alami, tapi bisa juga dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.

kadar LDL (kolesterol jahat) tinggi yang tidak di seimbangi dengan tingginya kadar HDL (kolesterol baik) akan sangat berdampak buruk pada pembuluh darah. Pasalnya, lemak jahat ini melalui proses yang panjang dapat mengalami pengendapan di lapisan dalam pembuluh darah. Membuat aliran darah menjadi tersumbat karena diameter menyempit (aterosklerosis). Lambat laun aliran darah dapat terhenti sama sekali.

Proses itulah yang memunculkan berbagai jenis penyakit serius seperti jantung koroner dan stroke, di mana pembuluh darah di otak dan jantung menyempit akibat kolesterol jahat.

Disinilah kita dapat menyimpulkan bahwa LDL (kolesterol jahat) harus diturunkan. Sementara HDL (kolesterol baik) harus ditingkatkan.

Bagaimana cara kita menurunkan kolesterol jahat?

Menurunkan kolesterol jahat bisa kita lakukan dengan cara mengurangi pengonsumsian makanan yang diperkaya oleh lemak jenuh. Lantaran, liver sering menggunakan lemak jenuh sebagai bahan untuk menghasilkan kolesterol. Artinya semakin banyak seseorang mengonsumsi lemak jenuh, maka semakin naik pula kolesterol di dalam darah, khususnya LDL.

Sementara untuk menaikkan kolesterol baik, kita perlu melakukan olahraga rutin dan juga makan makanan yang mengandung anti oksidan, serat dan berbagai vitamin. Zat-zat tersebut bisa kita dapatkan dari salah satu makanan penurun kolesterol yaitu bawang putih.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih

Sejak berabad-abad lalu, masyarakat Mesir kuno memanfaatkan bawang putih sebagai penambah stamina. Dan di masa modern sekarang, khasiat bawang putih bukan hanya itu saja. Tapi juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, hipertensi, sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan darah.

Sebuah penelitian bahwa menemukan bawang bisa menghentikan timbunan plak pada pembuluh darah sejak dini. Saat masuk ke tubuh, bawang akan menghambat partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

Bawang putih bisa menurunkan kolesterol. Jadi, Anda bebas untuk mengkonsumsinya sesuai kebutuhan. Semoga informasi yang kami bagikan saat ini bermanfaat bagi Anda semua. 🙂

sumber : beritaharianmu.com

Updated: 08/09/2017 — 9:57 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme