Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun – Penyakit darah tinggi disebabkan oleh pembuluh darah menyempit. Keadaan ini dipicu oleh menumpuknya lemak dan zat lain pada pembuluh darah. Pembuluh darah menyempit dalam jangka panjang memiliki potensi memicu penyakit darah tinggi.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun

Untuk mengukur tekanan darah pada seseorang biasanya menggunakan alat yang disebut dengan tensimeter. Dari hasil pengukuran tersebut akan diketahui tekanan diastolik (kondisi ketika jantung istirahat) dan sistolik (saat otot jantung berkontraksi). Ironisnya, hipertensi atau darah tinggi bisa memicu oleh penyakit berat lainnya, seperti jantung koroner dan gagal ginjal. Darah tinggi umumnya dikarenakan oleh umur, depresi, faktor genetik, malas berolahraga, obesitas, dan konsumsi garam berlebih.

Darah tinggi akan lebih membebani jantung dan pembuluh darah Anda jika tidak segera diobati jenis jenis komplikasi yang berpotensi terjadi yaitu serangan jantung atau stroke, pembuluh darah kecil pada ginjal yang rusak akibat darah tinggi, aneurisme, sindrom metabolik.

Hipertensi masih bisa diturunkan jika melakukan pengobatan secara rutin dan disiplin. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda tempuh untuk mengobati hipertensi, salah satunya menggunakan cara pengobatan secara alami, yaitu memanfaatkan daun atau buah yang merupakan hasil alam. Hasil alam yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan darah tinggi adalah daun sukun.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun

Khasiat daun sukun sepertinya belum banyak yang mengetahui, sebab biasanya orang hanya memanfaatkan buah sukun untuk dijadikan berbagai macam olahan. Untuk bagian daunnya, saat ini belum banyak dimanfaatkan bahkan terkadang daun sukun dibiarkan hingga mengering dan akhirnya menjadi sampah.

Tanaman sukun atau Artocarpus altilis bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis yang mempunyai kelembaban udara dan curah hujan tinggi. Daun sukun memiliki ukuran besar dengan warna hijau tua mengkilap, sisi bawah yang kasar dan mempunyai bulu-bulu halus.

Daun sukun mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti asam amino esensial, tannin, kalium, riboflavin (vitamin B2), polifenol, hidrosianat, dan asteilcolin. Artoindonesianin dan quercetin yang memiliki sifat antioksidan juga terkandung di dalam daun sukun. Berbagai senyawa penting inilah yang membuat daun sukun layak untuk dikategorikan kedalam golongan tanaman obat.

Berdasarkan riset terbaru, ternyata daun sukun efektif untuk mengatasi sejumlah penyakit berat. Salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun sukun yang berwarna kuning. Sifat farmakologi ini terkait dengan adanya phenol, quercetin, dan champorol yang terdapat di dalam daun sukun.

Post by : Berita Harianmu

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Daun Sukun

Updated: 21/04/2017 — 10:00 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme