Cara Menurunkan Asam Urat dengan Temulawak

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Temulawak

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Temulawak – Temulawak adalah jenis tanaman yang dikenal karena mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Pemanfaatannya sebagai obat herbalpun sudah banyak dilakukan sejak dulu. Temulawak mengandung beberapa senyawa aktif seperti glukosidan, minyak atsiri, kurkuminoid, flavonoid dan zat tepung.

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Temulawak

Dengan senyawa aktif yang terkandung didalamnya, tak heran bila temulawak kerapkali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi suatu penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan oleh temulawak ialah penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan kondisi di mana tubuh kelebihan zat purin (zat yang akan diolah menjadi asam urat).

Jika kadar asam urat dalam tubuh terlalu banyak, maka ginjal kesulitan untuk mengeluarkannya sehingga terjadilah penumpukan asam urat dalam tubuh. Kondisi tersebut akan sebabkan kristal asam urat menumpuk di bagian persendian serta memunculkan rasa nyeri, memar, bengkak bahkan peradangan.

Namun demikian asam urat masih bisa ditangani dengan cara tradisional. Salah satu cara tradisionalnya yaitu dengan memanfaatkan temulawak. Temulawak memiliki kandungan kurkuminoid yang bersifat anti peradangan alami. Jadi, mampu untuk menangani gejala peradangan sendi akibat asam urat.

Cara mengolah temulawak

Cara yang bisa dilakukan saat ingin mendapat manfaat temulawak untuk penyakit asam urat yaitu dengan membuat minuman sari temulawak. Cara pengolahannya pun cukup mudah, yakni:

  • Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing dan 1 genggam daun meniran, serta gula batu seperlunya.
  • Cuci hingga ersih bahan-bahan tersebut, kecuali gula batu.
  • Kupas temulawak lalu potong tipis tipis.
  • Masukan seluruh bahan bahan tersebut ke dalam panci lalu tambahkan air bersih sekitar 1000 ml.
  • Rebus sampai airnya tersisa separuh. Jangan merebus dalam panci aluminium karena unsur-unsur aluminium dapat bereaksi pada senyawa temulawak sehingga sebabkan keracunan.
  • Angkat kemudian saring air rebusan bahan bahan tersebut.
  • Biarkan sampai dingin dan konsumsi secara rutin 1 gelas setiap hari.

Demikian pembahasan tentang Cara Menurunkan Asam Urat dengan Temulawak. Cukup mudah bukan? Segera atasi asam urat Anda saat ini juga. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp