Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan

Tidak ada komentar 20 views

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan –  Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang umumnya menyerang persendian seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan. Terkadang, kondisi seperti ini menyebabkan terjadinya pembengkakkan disertai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan seperti ditusuk-tusuk jarum. Hal ini terjadi karena tingginya kadar asam yang mengeras di persendian dan menusuk sendi.

Pada umumnya kondisi asam urat ini akan berlangsung selama 3 sampai dengan 10 hari. Namun, jika sudah lebih dari 2 pekan kondisi masih belum mereda sangat di sarankan agar segera melakukan pengobatan. Pengobatan asam urat perlu dilakukan bukan hanya untuk menghilangakan rasa nyeri yang sering timbul. Melainkan untuk menghindari komplikasi berbahaya yang bisa menyebabkan penderita asam urat mengalami kelumpuhan atau cacat. Bahkan ada beberapa kasus pendeirta asam urat yang mengalami batu ginjal dan harus terancam kematian.

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan

Daun pandan yang mempunyai nama latin pandanus amarylifolisu ini lebih dikenal sebagai bahan pewarna dan pengharum alami dalam makanan. Itu karena, daun pandan dapat memberikan warna hijau kekuningan dan juga serta bau harum yang sangat khas serta mampu mengundang selera.

Pandan adalah salah satu jenis tanaman asli dari asia tenggara, dan termasuk jenis tumbuhan monokotil yang mudah tumbuh dimana saja. Daun pandan dengan bentuk bilah pedang memanjang dan tersusun dalam roset rapat dengan panjang sekitar 60 cm ini sangat mudah di dapatakan.

Memang daun pandan ini memang banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kuliner. Tetapi bagaimana jika pandan digunakan sebagai produk obat herbal? Mungkin ini terdengar aneh. Tetapi dibalik aroma dan warna hijaunya yang segar itu, tidak disangka tanaman yang satu ini mampu mengatasi masalah asam urat. Sehingga tidak heran jika daun pandan di kategorikan sebagai tanaman obat herbal.

Apa yang Menjadi Alasan Daun Pandan Bisa untuk Mengobati Asam urat ?

Daun pandan ternyata mempunyai kandungan kimia berupa alkaloid, flavoida, saponin, tannin, dan polifenol. Dimana beberapa kandungan enzim tersebut mampu berperan aktif membantu melancarkan sistem pencernaan dan menuntaskan metabolisme tubuh serta mengolah zat purin. Sehingga tidak akan menyebabkanpenumpukan asam urat di persendian. Beberapa kandungan lain juga dipercaya mempunyai sifat antioksidan, yang akan berperan aktif dan menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

Berikut adalah cara mengolah daun pandan menjadi ramuan untuk mengobati asam urat :

  • Sediakan 1 helai daun pandan yang sudah di cuci bersih
  • Setelah itu rebus sati liter air hingga mendidih
  • Saat mendidih, masukan gula merah sekitar 100 gram
  • Tambahkan juga dua potong jahe yang telah di memarkan dan masukkan ke dalam air mendidih
  • Kemudian tambahkan satu lembar daun pandan yang telah dipotong potong
  • Aduk hingga gula larut dan air berubah menjadi coklat kehijauan
  • Hidangkan dalam keadaan hangat untuk 5 gelas dan minum secara rutin

Nah, itulah khasiat dan cara mengolah daun pandan menjadi obat asam urat. Bagi anda yang saat ini ingin mendapatkan kesembuhan secara alami segera coba tips yang sangat mudah ini. Semoga informasi yang kami sampaikan pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Post by : beritaharianmu.com

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Menurunkan Asam Urat dengan Daun Pandan"