Cara Mengobati Wasir dengan Daun Pegagan

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Pegagan – Bernama latin Centella asiatica dari famili Mackinlayaceae atau lebih dikenal dengan nama Pegagan. Merupakan salah satu jenis tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja seperti di ladang, perkebunan, pematang sawah hingga tepi jalan. Berasal dari daerah Asia trofik yang kemudian merambat luas ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia.

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Pegagan

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Pegagan

Nama lain dari yang dikenal selain pegagan ialah daun kaki kuda atau antanan. Sejak zaman dahulu, pegagan telah dimanfaatkan sebagai obat kulit seperti keloid, gangguan saraf dan memperbaiki peradangan darah. Dan bahkan masyarakat di daerah Jawa Barat mengenal tanaman ini menjadi salah satu tanaman untuk lalapan. Pegagan juga memiliki nama yang beragam dari setiap daerahnya. Seperti di Sunda (antanan, dulang sontak), Aceh (peugaga) dan masih beragam lainnya.

Tanaman pegagan memiliki rasa yang manis dan bersifat mendinginkan. Dan memiliki fungsi diantaranya memersihkan darah, melancarkan peradaran darah, penurun panas, peluruh kencing, meningkatkan syaraf memori, menghentikan pendarahan, antibakteri, antispasma, antiinflamasi, tonik, hipotensif, insektisida, stimulan dan antialergi. Serta tanaman pegagan juga mengandung saponin yang dapat menghambat produksi jaringan bekas luka berlebih atau menghambat terjadinya keloid seperti pada penyakit wasir.

Maka dari itu, bagi Anda yang sekarang ini tengah mengalami masalah wasir. Cobalah untuk mengobati wasir Anda dengan cara alami terlebih dahulu. Karena cara alami dipercaya lebih efektif digunakan sebagai pengobatan. Kami sarankan untuk mengobati wasir Anda dengan memanfaatkan tanaman pegagan. Dari khasiat di atas, bukankah pegagan memang memiliki khasiat untuk pengobatan wasir. Untuk cara pengolahan pegagan sendiri, Anda dapat ikuti cara seperti di bawah.

Cara Mengolah Daun Pegagan Menjadi Ramuan untuk Obati Wasir :

  • Siapkan pegagan segar yang telah dicuci bersih terlebih dahulu
  • Setelah itu, potong-potong daun dan akar daun pegagan
  • Lalu rebus dengan air bersih kurang lebih selama 5 menit
  • Tunggu beberapa saat hingga air mendidih dan matang
  • Jika sudah, angkat dan saring lalu tuangkan air rebusan ke dalam gelas
  • Minum ramuan pegagan tersebut setiap sekali dalam sehari.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati penyakit wasir dengan memanfaatkan tanaman alami yaitu pegagan. Serta cara mengolah pegagan menjadi ramuan untuk pengobatannya. Semoga bermanfaat.

Post By : Berita Harianmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp