Cara Mengobati Wasir dengan Daun Iler

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Iler

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Iler – Bernama latin Coleus scutellarioides atau lebih sering disebut dengan nama tanaman iler. Daun iler memiliki nama panggilan yang beragam di setiap daerah tanah air. Seperti masyarakat Sunda (jawer kotok), Bugis (ati-ati), Palembang (adong-adong), Minahasa (serewung) dan beragam lainnya. Tanaman iler sering tumbuh liar di tepi-tepi jalan, pematang sawah, dan bahkan banyak pula yang menjadikannya sebagai tanaman hias atau pepagaran.

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Iler

Daun iler memiliki bentuk seperti hati dengan lekuk-lekuk tipis dan memiliki tangkai dengan warna yang beragam. Tanaman iler juga memang memiliki warna daun yang khas dan sangat bagus bila ditanam secara bergelombang. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, daun iler juga sering dimanfaatkan masyarakat sebagai obat yang baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah daun iler berkhasiat untuk mengobati penyakit wasir secara alami.

Tanaman iler juga mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya alkanoid, mineral, etil salisilat, metil eugenol dan karvalenol. Serta terdapat kandungan minyak atiri, seperti antibiotik, eugenol (menghilangkan nyeri), karvakrol serta etil salisilat yang berkhasiat untuk menghambat iritasi. Daun iler juga memiliki aroma khas dengan rasa dingin dan pahit. Sehingga, dengan beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman iler membuatnya mampu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami penyakit wasir. Anda dapat mencoba pengobatan secara tradisional dengan memanfaatkan daun iler sebagai bahan alaminya. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, cara tradisional telah ada sejak zaman dahulu dan dipercaya aman digunakan sebagai pengobatan penyakit. Seperti halnya pada daun iler ini. Untuk cara mengolah daun iler menjadi ramuan alami untuk mengobati penyakit wasir, dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Mengolah Daun Iler Menjadi Ramuan Untuk Mengobati Wasir :

  • Siapkan daun iler 25 gram, 2 gelas air bersih dan gula secukupnya
  • Setelah itu, rebus daun iler kira-kira 15 menit
  • Lalu tambahkan parutan gula merah lalu aduk hingga larut
  • Jika sudah, angkat dan saring ramuan dan tuangkan ke dalam gelas
  • Tunggu beberapa saat hingga ramuan menjadi agak dingin dan minum ramuan tersebut sekaligus
  • Lalukan cara ini secara rutin hingga wasir Anda dapat sembuh.

Itulah sekilas artikel mengenai tanaman iler untuk mengobati penyakit penyakit wasir. Serta cara membuat ramuan alami dari daun iler sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit wasir. Semoga bermanfaat.

Post By : Berita Harianmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp