Cara Mengobati Rematik dengan Daun Encok

Cara Mengobati Rematik dengan Daun Encok – Jangan pernah anggap ringan serangan rematik. Tahukah Anda, bila rematik dibiarkan tanpa pengobatan. Bukan hanya kualitas hidup Anda yang rusak, risiko kecacatan permanen juga mengintai Anda. Karena itu, pengobatan sangat penting dilakukan.

Ada banyak pengobatan rematik yang bisa Anda pilih mulai dari pengobatan medis hingga pengobatan tradisional. Dan saat ini banyak masyarakat yang mengandalkan pengobatan tradisional lantaran dirasa cukup mudah dan juga aman dikonsumsi. Satu di antara banyaknya pengobatan tradisional untuk rematik, Daun Encok bisa Anda coba.

Tanaman asal Sri Lanka ini, tersebar di wilayah beriklim tropis seperti kepulauan pasifik termasuk Indonesia. Daun encok ini bisa dengan mudah tumbuh secara liar di tepian saluran air, ladang atau di pekarangan. Lalu benarkah, daun encok bisa mengatasi serangan rematik? Simak informasinya berikut ini.

Cara Mengobati Rematik dengan Daun Encok

Cara Mengobati Rematik dengan Daun Encok

Selain digunakan sebagai tanaman pagar, masyarakat kerap memanfaatkan tanaman daun encok ini untuk mengatasi peradangan akibat rematik. Lalu bagaimana cara tradisional meracik ramuan daun encok untuk redakan nyeri rematik?

Cara pertama

Anda cukup siapkan segenggam daun encok yang masih segar lalu cuci hingga bersih. Setelah bersih, tumbuk daun encok tersebut sampai halus. Kemudian tambahkan air hangat seperlunya dan aduk hingga adonan tampak seperti bubur.

Nah daun encok yang sudah seperti bubur tersebut dapat langsung Anda gunakan untuk membalur bagian tubuh yang kena serangan rematik. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cara kedua

Cara yang kedua yaitu dengan menyiapkan daun encok yang masih segar sebanyak 15 gr. Cuci daun encok yang telah disiapkan tersebut hingga bersih. Kemudian tambahkan satu sendok makan kapur sirih dan tumbuk hingga halus. Balur hasil tumbukannya ke bagian tubuh yang kena serangan rematik.

Namun ingat, bahwa daun encok memiliki zat plumbagin yang bersifat toksik untuk penggunaan lokal dan bisa sebabkan kulit melepuh bila baluran ramuan daun encok dibiarkan lebih dari 30 menit. Wanita hamil sangat tidak dianjurkan menggunakan ramuan tanaman daun encok ini. Sekian informasi mengenai Cara Mengobati Rematik dengan Daun Encok. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp