Cara Mengobati Radang Sendi dengan Olahraga Air

Cara Mengobati Radang Sendi dengan Olahraga Air – Ingin melakukan olahraga tapi sendi terasa nyeri? Padahal selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga penting untuk dilakukan saat Anda mengalami radang sendi.

Tetap bergerak aktif terbukti dapat memberikan manfaat bagi penderita penyakit radang sendi yaitu dapat mengurangi rasa nyeri dan juga tingkatkan fleksibilitas gerakan tubuh. Salah satu olahraga yang paling direkomendasikan bagi penderita penyakit radang sendi ialah olahraga air.

Olahraga air bagus dilakukan oleh para penderita radang sendi. Bahkan olahraga air sering dimanfaatkan untuk membantu mereka yang sedang rehabilitasi pasca menjalani operasi penggantian sendi.

Cara Mengobati Radang Sendi dengan Olahraga Air

Cara Mengobati Radang Sendi dengan Olahraga Air

Jangan jadikan penyakit radang sendi sebagai penghambat bagi Anda untuk menjalani berbagai aktivitas, terutama olahraga. Aktifitas fisik terbukti justru bisa memberikan efek bagus bagi penyakit radang sendi. Nah, berikut ini merupakan beberapa olahraga air yang bagus untuk radang sendi.

  • Berenang

Berenang sangat baik bagi penderita radang sendi terutama gaya bebas, gaya dada dan gaya punggung. Gaya bebas merupakan gaya yang paling disarankan karena bisa membuat tulang belakang berputar dan juga bergerak dengan ringan serta dapat menguatkan posisi tulang tubuh termasuk lengan dan leher.

  • Aerobik Air

Bila Anda baru pertama kali melakukan olahraga air ini, mulailah untuk perlahan-lahan berjalan di dalam kolam air yang dangkal. Lalu tingkatkan intensitas olahraga tersebut secara bertahap, mulai dari kolam yang airnya setinggi pinggang sampai setinggi dada.

Disamping itu, tambah pula gerakan-gerakan yang menggunakan kedua kaki dan lengan. Jangan lupa, lakukan 5 menit pemanasan dan pendinginan di awal dan di akhir olahraga. Bila perlu, Anda dapat meminta bantuan pakar fisioterapi yang bisa menunjukan teknik gerakan yang tepat sesuai kondisi anda.

  • Berjalan di dalam Air

Saat berjalan didalam air, pakai teknik yang sama saat berjalan kaki diatas tanah. Yaitu dengan menapakkan telapak kaki. Bila ingin melakukan olahraga ini di kolam yang dalam, gunakan alat pelampung untuk keselamatan.

  • Senam di dalam Air

Bukan hanya untuk berenang, Anda juga dapat melakukan gerakan senam di dalam kolam renang untuk melatih kekuatan otot. Gerakan yang dapat dilakukan di antaranya:

Gerakan menyamping atau tic-toc

Posisikan tubuh di kolam yang tinggi airnya sekitar ulu hati. Rentangkan kedua kaki Anda selebar bahu. Lalu turunkan sisi kiri tubuh kesamping sampai siku kiri terendam oleh air. Setelah itu, kembalikan posisi tubuh seperti semula. Lakukan gerakan yang sama disisi tubuh kanan. Ulangi gerakan ini hingga 8 kali.

Senam di tepi kolam atau flutter kick

Posisikan diri menghadap ke tepi kolam. Sangga tubuh bagian atas dengan cara meletakan kedua lengan Anda di tepi kolam. Lalu kepakan kedua kaki seperti berenang gaya bebas dengan kedua tungkai lurus. Pastikan tubuh tetap mengapung dalam air. Gerakan senam ini dapat dilakukan selama anda tidak merasa lelah.

Sebelum berolahraga air, sebaiknya tanyakan pada dokter apakah olahraga air tersebut aman bagi Anda. Selain itu, tanyakan pula gerakan atau olahraga air apa yang perlu dihindari.

Ingat, olahraga air ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan bila radang sendi yang Anda derita cukup parah atau disertai dengan pembengkakan. Tunggu hingga nyeri dan juga bengkak mereda. Bila melakukan olahraga air tiba-tiba Anda mengalami pusing, nyeri atau kehabisan napas. Segera berhenti lalu hubungi dokter.

Posted by beritaharianmu.com

Cara Mengobati Radang Sendi dengan Olahraga Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp