Cara Mengobati Nyeri Asam Urat di Rumah

Cara Mengobati Nyeri Asam Urat di Rumah

Cara Mengobati Nyeri Asam Urat di Rumah – Penyakit asam urat atau gout merupakan penyakit yang akan menyerang bagian sendi hingga rasa nyeri, panas dan pembengkakan dalam sendi akan dirasakan oleh mereka yang menderitanya. Gejala-gejala tersebut akan terjadi ketika asam urat meningkat, membentuk kristal hingga kristal akan menumpuk pada persendian.

Cara Mengobati Nyeri Asam Urat di Rumah

Meski penyakit ini sering ditemukan pada orang yang sudah tua, tetapi asam urat akan menyerang pada siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin. Bahkan akibat rasa nyeri yang tak terhankan, mampu berlangsung selama 3-10 hari hingga penderita akan sulit bergerak dengan leluasa.

Dalam mengobati asam urat, apalagi nyeri tersebut datang begitu dadakan. Memang terbilang sulit untuk disembuhkan dengan cepat. Tetapi, jika Anda mengikuti langkah-langkah ini mungkin saja bisa membantu Anda dalam mengobati nyeri asam urat secara alami.

Berikut adalah langkah-langkah mengobati nyeri asam urat, diantaranya seperti :

  • Tinggikan posisi bagian sendi yang membengkak

Jika Anda mengalami rasa nyeri yang begitu tajam pada persendian akibat asam urat, Anda bisa langsung mengangkat atau meninggikan posisi sendi yang terkena asam urat. Jika membengkak, Anda bisa langsung sambil berbaring dan meletakan pada sebuah bantal sebagai alat penyangga. Langkah peninggian posisi sendi ini dilakukan agar sirkulasi aliran darah tetap lancar.

  • Mengompres nyeri sendi dengan es

Bila nyeri sendi akibat asam urat masih terasa menyakitkan, Anda juga bisa melakukan pengompresan bagian sendi yang nyeri dengan es batu. Letakan es batu selama 20 menit, untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Jika dirumah tidak ada es, Anda bisa menggantinya dengan sekantong kacang atau jagung yang telah dibekukan. Bila sudah 20 menit, biarkan kulit menghangat kembali agar lapisan kulit tidak rusak.

  • Mengkonsumsi obat antiinflamasi

Jika rasa sakit begitu mencekam bagian sendi Anda, segeralah mengkonsumsi obat seperti naproxen untuk meredakan rasa nyeri, peradangan dan menurunkan kadar asam uratnya. Dan perlu juga mengkonsumsi air putih sebanyak 8-16 gelas perhari, agar kadar asam urat bisa ternetralisir dengan baik.

Itulah cara mengobati nyeri asam urat, yang bisa dilakukan dirumah Anda ketika sendi mulai terserangi secara mendadak. Selain mengkonsumsi obat, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap asam urat yang semakin parah. Sekian dari informasi kami, semoga bermanfaat 🙂

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp