Cara Mengobati Gondongan dengan Tanaman Jarong

Cara Mengobati Gondongan dengan Tanaman Jarong – Meski tergolong sebagai penyakit yang tidak berbahaya, gondongan atau parotitis dikenal sebagai salah satu penyakit yang mengganggu bahkan bisa menyebabkan penderitanya minder keluar rumah.

Bagiamana tidak, karena pembengkakan yang terjadi dibawah telinga hingga area rahang ini, membuat penderita gondongan susah berbicara dan mengunyah atau menelan makanan. Sehingga saat ini banyak yang mencari cara untuk mengobatinya.

Dan cara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat untuk mengobati suatu penyakit saat ini adalah memanfaatkan berbagai tanaman obat. Diketahui, salah satu tanaman obat yang dipercaya bisa mengatasi gondongan adalah tanaman jarong.

Cara Mengobati Gondongan dengan Tanaman Jarong

Cara Mengobati Gondongan dengan Tanaman Jarong

Tanaman jarong atau Achyranthes aspera Linn dikenal dengan beberapa istilah di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Jarongan, Daun sangketan, Jarong lalaki, Nyarang (Jawa), Rai rai, dodinga (Maluku), Sui in sui, Sangko hidung (Sulawesi).

Sementara ciri fisik dari tanaman ini antara lain mempunyai batang berbentuk segi empat dengan banyak cabang, bertangkai dan berdaun tunggal dengan bentuk bulat lonjong seperti telur. Panjang daun jarong ini berkisar antara 1.5 – 10 cm dengan kedua pemukaan daun yang berambut.

Untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi akibat gondongan, Anda bisa memanfaatkan akar dari tanaman jarong. Dipercaya bisa mengatasi pembengkakan akibat gondongan, dimungkinkan karena di dalam tanaman jarong terdapat sifat anti inflamasi.

Selain sifat anti inflamasi, tanaman jarong juga mempunyai efek farmakologis lainnya yang bisa memperkuat otot dan juga urat Anda yang terasa kaku akibat penyakit gondongan.

Lalu, bagaimana cara mengolah ramuan tanaman jarong ini?

Caranya cukup mudah. Pertama-tama, siapkan 30 gram akar tanaman jarong dan 2 gelas air. Rebus akar tanaman jarong tersebut dan biarkan hingga air rebusannya menyusut sampai kira-kira 1 gelas. Setelah menyusut sampai kira-kira 1 gelas, hentikan perebusan.

Biarkan hingga air rebusan menjadi dingin. Baru setelah dingin, Anda bisa menyaring rebusan tersebut dan meminumnya. Di samping itu, akar tanaman jarong ini juga bisa ditempelkan juga di bagian yang membengkak.

Nah itulah Cara Mengobati Gondongan dengan Tanaman Jarong. Cara pengobatannya cukup murah dan juga mudah bukan? Catat, ramuan ini dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp