Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe – Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh. Dan bagian yang paling sering terserang yaitu sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut dan sendi jari kaki.

Rasa nyeri yang dimunculkan asam urat ini sangat tak tertahankan bahkan asam urat bisa membuat bagian tubuh yang terserang mengalami bengkak dan juga peradangan.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe

Asam urat ialah manifestasi dari metabolisme purin yang terbentuk seperti kristal–kristal. Kita dapat menemukan purin tersebut di dalam makanan yang dikonsumsi. Jadi, saat kita mengonsumsi makanan berpurin, maka purin pada makanan tersebut akan berpindah ke dalam tubuh kita.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat dalam tubuh tentu satu-satunya cara adalah menghindari makanan berpurin tinggi. Tapi jika anda sudah terlanjur mengidap penyakit asam urat, ternyata ada cara murah dan mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan mengonsumsi Tempe.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe

Tempe adalah makanan istimewa yang kerap dipandang sebelah mata. Hal tersebut disebabkan karena minimnya pengetahuan orang mengenai keistimewaan makanan tersebut. Padahal, tempe mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Tempe adalah hasil fermentasi kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus. Berdasarkan riset terbaru, kandungan gizi pada tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yang terdapat pada yogurt. Tempe mengandung serat, kalsium vitamin B dan zat besi.

Fermentasi kedelai yang merupakan bagian dari proses pengolahan tempe ternyata dapat menghancurkan asam amino purin dan juga pirimidin penyebab asam urat.

Menurut Robert Sorge, PhD seorang peneliti dari University of Alabama di Birmingham menemukan bahwa tempe bisa membuat sel-sel kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dalam memerangi peradangan yang terjadi pada tubuh.

Tempe mempunyai jumlah isoflavon yang tinggi sehingga dapat memerangi peradangan akibat asam urat dengan sangat baik walaupun hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Akan tetapi nilai gizi tempe akan bergantung pada cara pengolahanya, maka dari itu kami lebih menyarankan Anda untuk tidak mengolah tempe dengan cara digoreng. Karena hal tersebut dapat mengurangi kandungan isoflavon hingga setengahnya.

Post by : beritaharianmu.com

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempe

Updated: 18/07/2017 — 9:53 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme