Cara Mengobati Asam Urat dengan Petai Cina

Cara Mengobati Asam Urat dengan Petai Cina – Petai atau pete adalah makanan yang dapat kita temukan dimana saja. Petai sudah tumbuh di berbagai penjuru nusantara. Beberapa orang sering menikmati petai bersama dengan sambal, ikan asin dan juga lalaban.

Tapi tahukah Anda? Ternyata bukan hanya nikmat untuk dimakan saja, petai ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan terutama untuk mengobati penyakit asam urat. Jenis petai yang bermanfaat untuk penderita asam urat adalah petai cina.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Petai Cina

Cara Mengobati Asam Urat dengan Petai Cina

Petai cina sebagai obat anti radang

Peradangan merupakan hal yang biasa terjadi pada pengidap asam urat. Hal ini disebabkan oleh penumpukan purin dalam tubuh. Purin sendiri adalah zat yang memicu terjadinya kenaikan asam urat.

Purin yang menumpuk tersebut kemudian akan memicu asam urat untuk membentuk kristal asam urat dan disalurkan oleh darah ke sela-sela persendian. Setelah tersimpan di sela-sela persendian dalam waktu lama, maka peradangan pun bisa terjadi dan mengakibatkan munculnya gejala-gejala asam urat.

Disinilah peranan petai cina dibutuhkan, mengapa? Karena petai cina memiliki kandungan saponin yang bisa mengatasi radang. Saponin yang ada dalam petai cina memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang. Sehingga Anda dapat memanfaatkan petai cina untuk mengurangi peradangan akibat asam urat.

Petai cina sebagai obat anti nyeri

Setelah mengalami peradangan, asam urat yang dibiarkan dalam waktu lama akan memunculkan gejala asam urat, salah satunya nyeri. Nyeri biasanya muncul di sekitar sendi yang terkena serangan asam urat.

Nyeri juga bisa semakin bertambah apabila asam urat benar-benar tidak diatasi dengan cepat. Anda dapat merasakan sensasi panas, kemerahan dan bengkak di sekitar sendi. Nah, untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan petai cina karena di dalamnya terkandung saponin yang juga bertindak sebagai anti nyeri. Alhasil, Anda pun bisa mengurangi nyeri akibat asam urat.

Tips Mengolah Petai Cina Menjadi Obat Asam Urat

  1. Bila Anda ingin menambahkan minyak, ganti minyak sayur dengan minyak zaitun
  2. Sebaiknya konsumsi petai cina ini secara langsung tanpa dimasak. Lantaran kandungan yang akan didapat masih benar-benar utuh
  3. Bila sedang menjalani diet rendah purin, Anda dapat mencampurkan petai dalam menu makanan jenis sayuran harian Anda
  4. Pastikan mengonsumsi dalam porsi yang wajar, supaya tidak memunculkan efek samping yang buruk.

Nah itulah pembahasan tentang Cara Mengobati Asam Urat dengan Petai Cina. Anda juga sebaiknya menghindari pengonsumsian berbagai pantangan makanan untuk penderita asam urat supaya tidak memicu kenaikan asam urat secara mendadak.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp