Cara Mengobati Asam Urat dengan Kacang Hijau

Cara Mengobati Asam Urat dengan Kacang Hijau

Cara Mengobati Asam Urat dengan Kacang Hijau – Semua orang tentu mengetahui kacang hijau, bahan makanan yang sering kita temukan di pasar dan cukup enak untuk dijadikan sebagai pengisi perut. Jenis kacang ini diperkaya oleh serat dan juga rendah kalori, sebab itulah sangat baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Kacang Hijau

Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit artritis yang disebabkan oleh berlebihnya kadar asam urat dalam tubuh. Jika terjadi serangan asam urat, biasanya yang akan diserang adalah bagian jempol kaki. Kemudian terjadi pembengkakan dan muncul nyeri di area pergelangan kaki, telapak kaki, lutut, siku atau pergelangan tangan.

Awalnya, serangan asam urat mungkin hanya terjadi selama beberapa hari. Akan tetapi jika asam urat semakin sering menyerang maka semakin lama pula Anda menderita gejala-gelaja tadi. Terlebih jika dibiarkan tanpa diobati, asam urat dapat menyebabkan kerusakan secara permanen pada persendian dan juga ginjal.

Jangan khawatir, kabar baiknya asam urat dapat dikendalikan

Maksudnya, Anda dapat mengurangi keparahan penyakit ini serta menekan sekecil-kecilnya kemungkinan kambuh di kemudian hari yaitu dengan cara pengendalian yang tepat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi kacang hijau.

Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki kandungan bagus untuk tubuh. Jenis kacang yang satu ini biasa dibuat bubur untuk dikonsumsi dan juga dibuat es yang amat sangat menyegarkan. Bagi vegetarian, kacang hijau sangat disukai lantaran kandungan gizi di dalamnya cukup lengkap.

Kacang hijau mengandung serat berkisar antara 9% per 100g RDA. Serat yang terkandung pada kacang hijau tersebut tentu sangat berpengaruh kepada mereka yang menderita asam urat. Adanya serat pada tubuh bisa membantu meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal dalam menyerap kadar asam urat berlebih yang kemudian akan dibuang melalui urin.

Selain serat, kacang hijau juga mengandung vitamin C seperti yang ada pada jeruk. Di mana vitamin C ini memiliki sifat anti oksidan yang dapat mengatasi radang sendi akibat asam urat yang menumpuk.

Cara membuat olahan Kacang Hijau yang sehat itu mudah sekali. Yaitu dengan cara merebus kacang hijau. Namun merebus kacang hijau bisa menghabiskan sejumlah nutrisi penting didalamnya, terumata vitamin C dan mineral. Untuk itu, sangat disarankan jangan merebusnya terlalu lama.

Itulah cara mengobati asam urat dengan kacang hijau, mudah bukan? Seperti yang kita ketahui, meski kecil ternyata kacang hijau ini dapat bermanfaat. Jadi, jangan pernah lagi anggap remeh kacang kecil ini. Jika ingin mendapat manfaat yang optimal, konsumsi kacang hijau secara teratur ya, tapi tidak berlebihan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posted by: Berita Harianmu

Updated: 22/11/2017 — 9:11 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme