Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Mangga

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Mangga – Asam urat adalah jenis penyakit yang bisa menyebabkan nyeri, bengkak, panas bahkan radang di persendian. Penyakit asam urat terjadi sebagai akibat dari kelebihan zat yang bernama purin di dalam tubuh.

Karena kebanyakan, purin tidak dapat dibuang semua oleh ginjal. Sebagian lainnya yang tidak ikut terbuang akan mengalir bersama darah lalu berakhir di persendian. Di persendian tersebut, purin membentuk kristal asam urat yang menyebabkan peradangan. Itulah yang membuat seseorang merasa nyeri hebat di bagian sendinya.

Untuk mengurangi produksi zat purin, hindari makan yang mengandung purin tinggi dan konsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar zat purin di dalam tubuh, seperti air rebusan daun mangga.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Mangga

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Mangga

Mangga adalah sejenis tanaman yang bisa hidup dengan mudah. Biasanya, bagian daunnya tidak banyak digunakan, padahal manfaat daun mangga ini bisa membantu beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya penyakit asam urat.

Daun mangga dipercaya bisa menurunkan kadar zat purin di dalam tubuh sehingga bagi Anda yang saat ini mengidap asam urat akibat kebanyakan zat purin di dalam tubuh bisa di atasi dengan mengonsumsi air rebusan daun mangga.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, pilihlah daun mangga yang masih muda dan bertekstur kasar. Karena menurut Dedi Mulyadi, seorang Herbalis Tanaman Obat mengungkapkan bahwa daun mangga yang bertekstur kasar dan memiliki kandungan pelarut purin dapat mengurangi kristal yang menumpuk pada persendian.

Cara membuat daun mangga menjadi obat asam urat:

  • Siapkan 5 helai daun mangga muda dan segar yang telah dicuci hingga bersih.
  • Lalu, rebus daun mangga dengan air sebanyak 2 gelas.
  • Biarkan hingga daun mangga yang direbus berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Setelah daun mangga berubah warna menjadi kecoklatan, angkat dan dinginkan. Setelah agak hangat, ramuan tersebut bisa Anda konsumsi.

Nah itulah cara membuat daun mangga menjadi obat asam urat yang bisa Anda coba dirumah. Ramuan daun mangga tersebut bisa diminum dua kali sehari untuk mengatasi penyakit asam urat.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 15/12/2017 — 8:55 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme