Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kersen

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kersen

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kersen – Asam urat adalah sejenis penyakit yang kerap di alami oleh pria maupun wanita dengan usia di atas 30 tahun. Akan tetapi, kecenderungan pria untuk mengalami penyakit asam urat lebih besar jika dibandingkan wanita.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kersen

Jika Anda mempunyai keturunan pengidap asam urat, maka risiko Anda mengidap asam urat juga cukup besar. Dengan kata lain, penyakit asam urat bisa digolongkan sebagai penyakit keturunan atau genetik. Secara umum, penyakit asam urat terjadi akibat penumpukan zat purin didalam tubuh.

Pengobatan untuk mengurangi gejala asam urat ini memang sudah banyak ditemukan. Baik pengobatan secara kimia maupun herbal atau tradisional. Untuk pengobatan secara kimia, biasanya menggunakan obat-obatan seperti colchichine, alluprinol dan golongan obat steroid lainnya.

Namun saat ini, masyarakat lebih cenderung memilih alternatif pengobatan herbal yang tentu jauh lebih aman dan juga minim efek samping. Pengobatan herbal untuk asam urat di antaranya air rebusan sambiloto, daun salam, meniran, jahe, daun sirsak (pereda nyeri sendi), bunga rosella dan lainnya.

Selain beberapa jenis herbal yang sudah disebutkan tadi, daun kersen juga bisa menjadi salah satu pengobatan herbal yang mampu mengurangi gejala asam urat. Di Indonesia, daun kersen adalah bagian dari tanaman kersen yang tumbuh cukup subur. Kendati demikian, belum banyak orang yang mengetahui khasiat daun kersen untuk penyakit asam urat.

Daun kersen bisa meredakan gejala penyakit asam urat

  • Mempunyai senyawa flavonoid termasuk di dalamnya ialah zat biflavan‚ flavan‚ dan flavanon.
  • Mengandung zat antiseptik yang kuat melindungi peradangan dan luka.
  • Mempunyai zat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa meringankan peradangan.
  • Memiliki zat alkaloid, saponin dan juga tanin yang cukup tinggi.
  • Menurunkan kolesterol yang menjadi salah salah satu penyebab munculnya penyakit asam urat.

Cara mengonsumsi daun kersen untuk mengobati penyakit asam urat

Siapkan 10 lembar daun kersen muda yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Air rebusan tersebut bisa diminum 3 kali dalam sehari. Agar lebih efektif, pengobatan asam urat bisa juga diimbangi dengan pola makan yang sehat dan juga rendah kalori.

Post by : beritaharianmu.com

Updated: 07/09/2017 — 10:16 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme