Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel

Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel

Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel – Mungkin kebanyakan dari Anda asing dengan buah yang satu ini. Buah kepel merupakan buah yang di zaman dulu dianggap sebagai tanaman kalangan ningrat Jawa.

Sehingga di masa lalu buah ini lebih banyak ditanam dipemukiman kalangan keluarga raja. Sebab itulah banyak masyarakat awam masih asing dengan buah kepel yang sekilas terlihat seperti buah sawo.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel

Padahal ada banyak manfaat buah kepel bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi dan juga senyawa essensial yang melimpah pada buah berbiji besar ini menjadikan kepel sejak zaman duhulu sudah lazim dikenal sebagai pengobatan tradisional.

Tanaman kepel merupakan sejenis tanaman berkayu dengan batang pohon yang menjulang tinggi. Memiliki daun menyirip agak lebar memanjang, hampir sama dengan ukuran daun tanaman mengkudu. Pohonnya memiliki bentuk berbatang tunggal seperti pohon cemara.

Buah kepel sangat unik, sekilas mungkin akan terlihat mirip dengan sawo. Tapi bagian dalam buah kepel sangat berbeda dengan sawo. Daging buahnya sangat tipis melapisi bijinya yang hitam kecokelatan besar. Dagingnya lembut dan mempunyai aroma harum yang khas. Buah kepel biasanya tumbuh secara bergerombol pada batang utama pohon disisi bagian bawah sehingga mudah sekali untuk dijangkau.

Meskipun belum banyak penelitian yang mengulas tentang tanaman kepel. Akan tetapi kami berhasil menemukan sejumlah penelitian yang dikembangkan para peneliti Indonesia untuk membuktikan manfaat buah kepel yang bisa mengobati asam urat.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel

Asam urat hampir bisa dikatakan sebagai penyakit sejuta umat. Sebab, banyaknya orang yang menderita penyakit ini. Dan bukan hanya menyerang orang di usia paru baya saja, orang dengan usia muda pun kini sudah banyak mengidap asam urat.

Semua kembali lagi dari gaya hidup dan pola makan tiap-tiap individu. Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak purin dan metabolisme tubuh mengalami gangguan, itulah awal mula timbulnya penyakit asam urat.

Karena seharusnya metabolisme tubuh yang masih sempurna bisa mengolah serta mengontrol purin yang masuk kedalam tubuh menjadi asam urat. Tapi saat metabolisme mengalami masalah, maka akan terjadi kelebihan asam urat yang tak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Sehingga mengalami pengendapan di persendian dan jaringan lainnya.

Jika Anda kerap mengalami masalah seperti nyeri di persendian, hal itu boleh jadi disebabkan oleh penumpukan asam urat didalamnya. Untuk mengobatinya, kita bisa memanfaatkan buah yang berasal dari Negeri, yaitu buah kepel.

Kandungan Buah Kepel untuk Mengobati Asam Urat

Tingginya kandungan alkaloid pada buah kepel sangat efektif untuk mengobati asam urat yang menjadi sebab munculnya rasa nyeri dan juga kerusakan sendi. Kandungan tersebut akan larut di dalam darah kemudian menetralisir kadar ph di daerah sendi dengan cepat.

Buah kepel mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Flavonoid pada buah kepel tergolong sangat lengkap dengan kadar fenolik, alkaloid dan quercetin tinggi. Semua kandungan tersebut terbukti tidak menganggu fungsi dan kinerja ginjal, justru membantu proses regenerasi sel pada ginjal dan mencegah kerusakan pada sel ginjal.

Bukan hanya itu, buah kepel juga memiliki kemampuan diuretik yang mendorong untuk lebih banyak menghasilakn urine. Fungsi ini akan sangat membantu melancarkan dan meluruhkan endapan asam urat dalam ginjal.

Asam urat yang sudah parah tentu akan menimbulkan peradangan atau luka dengan memanfaatkan kandungan vitamin E, quercetin dan terpenes dalam daging buah kepel yang berfungsi sebagai peregenerasi sel dan juga pemurnian DNA. Dengan adanya kandungan tersebut maka bisa membantu Anda untuk memulihkan luka akibat asam urat. Sifat regenerasi sel pada buah kepel juga membantu menjaga kebugaran tubuh.

Nah, itulah Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Kepel. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk merasakan manfaat buah kepel yang bisa sembuhkan asam urat? Bagi yang ingin mencobanya, mungkin memerlukan upaya yang cukup besar. Karena buah kepel masih jarang ditemukan. Tapi buah ini bisa lebih mudah Anda temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Post by : beritahariamnu.com

Save

Save

Updated: 15/07/2017 — 9:58 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme