Cara Menghilangkan Varises

Tidak ada komentar 46 views

VARISES

Cara Menghilangkan Varises – Ketika mendengar istilah “varises” pasti anda beranggapan varises adalah suatu bentuk kelainan pembuluh darah yang terdapat pada kaki atau tungkai bawah, di mana pembuluh darah terlihat berkelok-kelok. Memang hal ini tidak salah, tapi tahukah anda bahwa varises adalah istilah umum dan itu bukan hanya terjadi pada vena kaki.

Cara Menghilangkan Varises

Varises merupakan pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena yang terletak tepat di bawah permukaan kulit, biasanya terjadi pada kaki. Selain itu juga bisa terjadi pada vena esofagus atau kerongkongan yang disebut varises esofagus, bagian anus, kantung buah zakar, vagina, sublingual (bawah lidah), dan lain sebagainya.

Varises lebih cenderung terjadi pada perempuan daripada laki-laki. Sebagian orang yang mengalami varises tidak mempunyai penyakit yang mendasari serta biasanya tanpa penyebab yang pasti. Tetapi, berikut ini merupakan beberapa faktor risiko penyebab varises:

  • Umur, varises biasanya lebih sering terjadi pada usia dewasa dan semakin tua usia seseorang semakin berkurang pula keelastisitasan vena.
  • Obesitas, jika bobot tubuh anda besar maka tekanan pada vena kaki akan bertambah. selain menyusahkan vena ketika mendorong darah ke jantung, tekanan besar juga bisa memperlemah katup sehingga terjadilah arus balik darah.
  • Berdiri terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan darah di vena kaki menjadi susah untuk mengalir ke jantung.
  • Kehamilan, varises biasanya mulai akan terlihat pada saat rahim membesar dan volume darah meningkat sehingga makin menambah tekanan pada vena. Meningkatnya kadaar hormon saat hamil juga bisa membuat otot vena menjadi lebih tenang dan berimbas kepada melemahnya perlindungan katup. Oleh sebab itu terbentuklah varises.
  • Faktor genetik, varises adalah penyakit yang bisa bersifat keturunan. Maksudnya peluang anda mengalami keadaan ini akan lebih banyak jika mempunyai keluarga berpenyakit sama.
  • Masalah kesehatan lain, seperti misalnya pembengkakan atau tumor didalam rongga pinggul, cacat pembuluh darah, dan jenis penyakit yang dapat membuat darah menggumpal.

Cara Menghilangkan Varises

Keika varises yang anda miliki mulai memunculkan masalah, baik berupa perubahan penampilan kaki atau masalah yang dimunculkan akibat dari gejala seperti mudah merasa lelah, adanya rasa gatal dan nyeri, maka inilah saatnya untuk anda menghilangkan varises.

Tujuan dari pengobatan varises yaitu menghambat komplikasi, meringankan gejala, dan tentunya memperbaiki penampilan. Berikut merupakan cara menghilangkan varises secara efektif dan telah teruji.

Perubahan gaya hidup

meskipun pengobatan yang dijalankan bisa menghilangkan varises, namun hal itu tidak bisa menghambat munculnya varises yang baru. Oleh karena itu, perubahan gaya hidup sangat dibutuhkan karena selain menghambat juga dapat meringankan varises yang sudah ada sebelumnya dan mengurangi rasa nyeri. Bahkan perubahan gaya hidup kerap kali menjadi langkah pengobatan yang pertama. Berikut adalah perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan

  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama tanpa berpindah posisi atau istirahat.
  • Hindari pemakaian pakaian ketat, terlebih pada bagian pinggang, paha, serta kaki. Pakaian yang ketat bisa membuat varises lebih buruk akibat bendungan yang menghambat aliran darah.
  • Kurangi penggunaan sepatu bertumit tinggi dalam waktu lama. Sepatu bertumit rendah bisa membantu kinerja otot betis menjadi lebih optimal dalam membantu melancarkan aliran darah.
  • Jika tubuh anda kelebihan berat badan, upayakan untuk menurunkannya. Hal ini juga akan meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan pembuluh darah vena yang merupakan faktor risiko munculnya varises.
  • Lakukan kegiatan fisik sehingga kaki bergerak serta dapat menguatkan otot-otot kaki yang akhirnya akan melancarkan aliran darah kembali ke jantung.
  • Dokter mungkin akan menyarankan stoking kompresi. Stoking khusus ini dapat memberikan tekanan lembut pada kaki agar menghambat penumpukan darah pada vena kaki.

Cara menghilangkan Varises dengan prosedur kedokteran

Dokter akan memilih prosedur yang tepat berdasarkan kondisi anda, berikut pilihan pengobatan varises yang telah direkomendasikan:

  • Skleroterapi
    Tindakan medis ini memakai cairan kimia untuk menutup vena varises. Iritasi serta jaringan parut di dalam pembuluh darah merupakan akibat dari bahan kimia yang telah disuntikan ke dalam vena. Hal tersebut menyebabkan pembuluh darah menutup dan pada akhirnya varises pun hilang dengan cepat.
  • Bedah Laser
    Tindakan medis ini menggunakan energi cahaya dari laser yang ditembakan ke varises. Sinar laser akan memudarkan pembuluh darah. Operasi ini dilakukan hanya untuk mengobati varises yang lebih kecil. Tidak ada injeksi bahan kimia atau pemotongan yang terlibat.
  • Phlebectomy Ambulatory
    Dalam prosedur ini, dokter akan membuat sayatan kecil pada kulit dan tujuannya agar vena varises dalam tubuh hilang terutama varises vena yang dekat pada permukaan kulit serta ukurannya yang masih kecil.
  • Mikroskleroterapi
    Prosedur ini dipakai untuk mengobati varises dan spider veins yang sangat kecil. Bahan kimia cair dengan jumlah sedikit disuntikan ke dalam vena memakai jarum yang sangat halus.
  • Bedah Vena Endoskopi
    Sayatan kecil dekat varises akan dokter buat, lalu kamera kecil diujung selang serabut optik kecil dimasukan ke dalam pembuluh darah vena. Di ujung kamera terdapat alat bedah yang dipakai untuk menutup pembuluh darah.
  • Terapi Ablasi Endovenous
    Terapi ini menggunakan gelombang radio atau laser untuk menciptakan panas, tujuannya untuk menutup vena varises. Sama halnya dengan bedah vena endoskopi, dokter akan membuat sayatan kecil yang akan dimasukan tabung kecil ke dalam vena guna menutup vena varises tersebut.
  • Ligasi dan Vein Stripping
    Biasanya hal ini dilakukan hanya untuk pengobatan kasus varises yang berat. Tindakan ini dilakukan dengan cara menutup, mengikat serta membuang vena lewat sayatan kecil di kulit.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan varises yang bisa anda pilih dan jalankan untuk langkah pengobatan. Sekian, semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya dapat bergabung dengan kami di Facebook Twitter & Google+

Post by: Berita Harian

Cara Menghilangkan Varises

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Menghilangkan Varises"