Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami

Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami

Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami – Mempunyai penyakit batu empedu memang sangat menyiksa sebab rasa sakit yang muncul kerapkali datang mengganggu. Secara umum, batu empedu terjadi akibat dari pengerasan cairan empedu sehingga bisa menyumbat saluran kantung empedu, dan hal itulah yang menimbulkan rasa nyeri yang sangat luar biasa.

Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami

Tetapi, kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena batu empedu dapat dikeluarkan dengan cara alami sehingga tidak memerlukan tindakan operasi pengangkatan kantung empedu. Sebelum ke pokok pembahasan mengenai cara alami mengeluarkan batu empedu, kita harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab adanya penyakit batu empedu dan gejala yang sering muncul pada penderita batu empedu.

Penyebab Batu Empedu

Batu empedu terbentuk secara perlahan dan mungkin setiap orang memiliki ukuran yang berbeda. Dari mulai ukuran yang kecil seperti butiran pasir hingga sebesar bola golf. Ada yang mengembangkan hanya satu batu empedu, ada juga yang mengembangkan banyak batu empedu diwaktu yang sama. Penyebab kemunculan batu dalam kantung empedu diduga bersumber dari ketidakseimbangan antara cairan empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh hati.

Walau memang dalam kinerjanya cairan empedu digunakan untuk menetralkan lemak tubuh namun jika terlalu banyak lemak yang dikeluarkan oleh hati,lemak tersebut dapat mengeras dan membentuj seperti kristal yang kita sebut batu empedu.

Penyebab lainnya yaitu disebabkan oleh zat bilirubin yang berlebihan yakni zat kimia yang diproduksi dari pemecahan sel darah yang sudah tua. Faktor yang bisa menyebabkan hati menghasilkan lebih banyak bilirubin antara lain infeksi, sirosis hati, dan kelainan darah tertentu.

Gejala Batu Empedu

Seseorang bisa mempunyai batu empedu dan terkadang tidak menyebabkan gejala apapun. Biasanya gejalanya timbul pada saat ukuran batu empedu cukup besar, sehingga menimbulkan sumbatan disaluran empedu.

Saat terjadi penyumbatan tersebut, gejala yang dapat timbul seperti :

  • Rasa nyeri yang tiba-tiba pada bagian kanan atas perut
  • Sakit punggung antara tulang belikat
  • Sakit pada bahu kanan
  • sakit perut lebih parah sesudah mengonsumsi makanan berminyak atau berlemak
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Kulit dan mata berubah warna menjadi kuning

Jika dalam diri anda menemukan gejala atau tanda di atas, ada baiknya untuk segera konsultasikan dengan dokter terkait, atau carikan solusi pengobatan untuk mengeluarkan batu empedu.

Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami

Biasanya batu empedu menyerang wanita yang sudah berumur, terutama yang menderita penyakit diabetes atau yang menjalankan diet tidak sehat. Sebagian besar orang yang mempunyai batu empedu tidak menunjukan adanya gejala tertentu.

Perawatan medis standar untuk batu empedu simtomatik yaitu operasi. Akan tetapi banyak diantaranya penderita yang tidak ingin melakukan operasi memilih mengonsumsi obat tertentu untuk melarutkan batu empedu.

Nah, berikut ini merupakan cara alami tanpa operasi yang bisa anda coba untuk mengeluarkan batu empedu.

  • Cara mengeluarkan batu empedu dengan apel dan garam epsom

Apel selain rasanya yang manis dan menyegarkan, Asam malat yang terkandung didalam apel juga berkhasiat melunakkan batu empedu. Konsumsi 2 gelas sari buah apel segar setiap hari atau bisa langsung memakan buah apel sebanyak 2-3 setiap hari selama 2 minggu berturut-turut.

Selanjutnya larutkan satu sendok makan garam epsom ke dalam segelas air, konsumsi 2-3 gelas larutan garam epsom setiap harinya. Garam epsom bisa membuka saluran saluran empedu untuk mengeluarkan batuk empedu yang sudah melembut. Efek samping dari mengonsumsi garam epsom ini yaitu mengalami diare yang cukup parah.

  • Cara mengeluarkan batu empedu dengan jus lemon

Campur setengah gelas jus lemon dengan setengah gelas minyak zaitun. Efek samping yang bisa saja muncul setelah mengonsumsi ramuan ini biasanya anda akan merasa mual bahkan diare. Minyak zaitun bisa memicu pengosongan kantung empedu dan asam sitrat bisa mengurangi kadar kolesterol dalam empedu yang dapat membantu dalam melembutkan batu empedu.

  • Cara mengeluarkan batu empedu dengan jus pir

Larutkan satu sendok makan madu ke dalam setengah gelas air hangat. Selanjutnya campur dengan jus pir. Kandungan pektin yang ditemukan didalam jus pir dikatakan mampu melarutkan batu empedu.

  • Cara mengeluarkan batu empedu dengan teh peppermint

Peppermint bisa merangsang aliran empedu dan terpene senyawa yang terkandung dalam peppermint bisa membantu melunakkan batu empedu. Anda hanya cukup merendam daun mint didalam air panas untuk diolah menjadi teh peppermint. Konsumsi minimal 2-3 dalam sehari untuk mengeluarkan batu empedu.

Nah, itulah Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami, kesemua cara di atas bisa anda jadikan pilihan sebagai usaha untuk mengeluarkan batu empedu. Semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya bisa bergabung dengan kami di Facebook Twitter & Google+

Post by : beritaharianmu.com

Cara Mengeluarkan Batu Empedu Secara Alami

Updated: 14/03/2017 — 9:10 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme