Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi – Popok kini sudah menjadi kebutuhan bila Anda mempunyai anak kecil. Sebagian besar orang tua mungkin sudah mulai memakaikan popok pada anaknya sejak berusia satu bulan.

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Seperti yang kita ketahui, bayi yang baru lahir masih sangat rentan sekali. Pemakaian popok pada bayi bisa memunculkan ruam pada kulit bayi. Ruam tersebut bisa berupa kemerahan atau kulit tampak bersisik.

Jika sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang bunda, karena selalu ada solusinya. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ruam popok.

  • Pastikan selalu rutin mengecek popoknya

Poin yang satu ini sangat penting. Cek apakah popok bayi sudah basah atau kotor? Anda juga harus mencuci tangan dulu sebelum mengganti popok bayi. Bersihkan daerah kulit yang tertutup popok dengan kain lembut. Saat Anda memandikan bayi, gunakan sabun lembut dan tepuk-tepuk bagian kulit yang ada ruamnya.

Upayakan bayi mempunyai jam-jam dimana ia tidak menggunakan popok. Hal tersebut bisa membuat kulitnya tetap kering dan bebas dari gesekan. Ketika tidak menggunakan popok, Anda dapat membaringkannya diatas handuk.

  • Rutin mengganti popok bayi

Ketika ruam muncul di kulit bayi, rutin mengganti popok merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Kapan harus menggantinya? Normalnya, memang 2-3 jam sekali.

Namun usahakan untuk secepat mungkin ketika popok memang sudah terlihat kotor. Anda harus menggantinya. Adanya ruam ditambah dengan kulit yang lembab bisa memicu iritasi yang semakin bertambah parah.

Selain itu, usahakan popok tidak dipakaikan dengan ketat supaya kulitnya bisa bernapas dan ruam tidak bertambah parah. Sebelum menggunakan popok baru, pastikan menunggu kulit bayi kering dulu. Popok yang sekali pakai bisa membantu kulit bayi tetap kering.

  • Perhatikan cara memilih popok

Beberapa orang tua mengakui bahwa mengenali popok mana yang cocok dipakai bayinya bisa kurangi ruam pada bayi.

  • Pilihlah pakaian yang menyerap udara

Selain tidak memakai produk yang mengandug parfum, pilihan baju yang tepat dapat membantu mengatasi ruam. Baju atau popok yang ketat bisa membuat area sekitar pantat bayi lembab. Selain itu, bisa membuat bayi merasa tidak nyaman karena kepanasan.

Terlebih lagi dengan cuaca yang ada di Indonesia yang memang tidak menentu. Bahan yang menyerap keringatlah yang diperlukan ketika cuaca panas. Disamping untuk menghindari ruam bayi juga merasa lebih nyaman.

Nah itulah Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua khususnya untuk Anda yang memiliki anak kecil.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp