Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi – Mungkin Anda pernah mengalami kram perut sebelum atau saat menstruasi berlangsung. Kondisi yang dinamakan dysmenorrhea ini memang sering terjadi. Menurut sejumlah penelitian, ketidaknyamanan ini hampir dialami oleh semua wanita yang tengah menstruasi.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Efek kram perut yang dialami wanita ketika menstruasi berbeda-beda. Ada yang merasa nyeri tapi masih bisa melakukan akitivitas. Ada juga yang merasakan dampaknya sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.

Kram perut sendiri digambarkan sebagai rasa nyeri atau seperti ada yang menusuk di bagian bawah perut yang kadang-kadang menyebar ke area sekitar punggung dan paha. Kram perut bisa terjadi karena tubuh mengalami perubahan ketika menstruasi. Saat periode tersebut kontraksi pada dinding rahim lebih kuat dari biasanya. Kontraksi tersebut terjadi agar lapisan rahim dapat menumpahkan darah menstruasi.

Nah kontrasi ini juga akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim. Hal ini dapat memutus aliran darah yang tengah mengantarkan oksigen ke rahim. Karena kekurangan oksigen, jaringan yang terdapat di rahim mulai menghasilkan zat kimia yang memicu rasa nyeri, termasuk prostaglandin. Zat tersebut menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi lebih keras sehingga menambah nyeri di daerah perut bawah.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, ada sejumlah cara mudah yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Perbanyak konsumsi air

Saat menstruasi, siapkan sebotol air yang mudah untuk Anda bawa bepergian. Dengan menambahkan perasan lemon ke dalamnya, dapat memberi rasa serta menggugah selera. Konsumsi air saja memang tidak bisa mengurangi kram secara langsung tapi air dapat mengatasi perut kembuh (kondisi yang dapat membuat kram lebih buruk).

  • Konsumsi makanan yang tepat

Jenis makanan yang tepat untuk kondisi ini adalah makanan yang kaya serat dan rendah lemak seperti sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian utuh dan kacang-kacangan. Sebisa mungkin jauhi makanan berlemak, makan yang digoreng atau makanan cepat saji.

Anda juga perlu asupan vitamin B1, B6 dan E. Lalu asupan nutrisi lainnya seperti magnesium, zinc dan asam lemak omega 3. Mengonsumsi asupan tersebut dapat mengurangi hormon yang sebabkan kram otot serta bisa mengurangi ketegangan otot dan peradangan.

  • Kompres hangat

Anda dapat menempelkan botol berisi air panas (jangan air mendidih) ke bagian yang kram. Selain bisa meredakan nyeri, sensai hangat ini juga dapat membuat bagian yang kram menjadi lebih rileks.

  • Jangan malas bergerak

Rasa tak nyaman ketika menstruasi mungkin akan membuat malas bergerak. Tapi Anda harus memeranginya dengan aktif bergerak seperti melakukan olahraga. Dengan berolahraga, tubuh bisa menghasilkan endorfin (hormon yang dapat mengurangi nyeri serta memperbaiki suasana hati).

Olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain lari, aerobik, bersepeda, jalan santai atau berenang. Anda juga dapat melakukan olahraga yang membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks seperti pilates atau yoga.

  • Melakukan pijatan

Memijat lembut bagian perut bawah dengan gerakan memutar mungkin dapat membantu meredakan nyeri. Anda dapat melakukan pijatan beberapa hari sebelum menstruasi tiba.

  • Mengonsumsi obat

Anda dapat mengonsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) seperti aspirin dan ibuprofen. Jika setelah mengonsumsi obat tersebut, nyeri masih Anda rasakan, Anda bisa mengganti jenis OAINS lainnya seperti naproxen atau asam mafenamat.

Apabila Anda mempunyai riwayat asma, ginjal, atau gangguan hati sebaiknya hindari konsumsi OAINS. Jika Anda ingin mengatasi kram perut menggunakan obat-obatan, terlebih dahulu baca aturan konsumsi dan sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

Kebanyakan kasus kram perut saat menstruasi adalah hal yang normal terjadi dan bukan sesuatu yang berbahaya. Meskipun begitu, ada juga kram perut yang menandakan bahwa Anda mempunyai gangguan kesehatan seperti idap endometriosis, radang panggul atau fibroid rahim.

Disarankan berkonsultasi pada dokter bila kram perut yang kamu alami terasa nyeri dan datang secara tiba-tiba diikuti dengan deman, keluar gumpalan darah, keluar ciran vagina yang kental dan juga berbau busuk.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 02/01/2018 — 12:18 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme