Cara Mengatasi Gondongan dengan Kunyit

Cara Mengatasi Gondongan dengan Kunyit – Pernahkah Anda mengalami gondongan? Gondongan atau mumps merupakan suatu penyakit yang akan menyerang kelenjar parotis. Berbeda dengan gondok, gondok hanya akan menyerang kelenjar tiroid saja. Meski hampir sama, tapi banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan itu semua.

Perbedaannya, gondongan akan terjadi akibat infeksi virus pada kelenjar parotis. Dan kelenjar itu sendiri terletak dibawah telinga yang memiliki fungsi untuk memproduksi air ludah. Hingga apabila terkena virus, maka penyebaran gondongan akan sangat mudah melalui batuk, bersin maupun lewat perantara.

Bila seseorang sudah tertulari penyakit ini, biasanya akan membuatnya sengsara seperti sulit untuk mengunyah dan menelan makanan. Nah, jika kondisi ini memungkinkan terjadi pada diri Anda sebaiknya tak usah repot-repot untuk mengobatinya kedokter lagi. Sebab saat ini ada cara tradisional untuk mengobatinya secara alami. Cara tersebut yaitu dengan memanfaatkan kunyit.

Cara Mengatasi Gondongan dengan Kunyit

Cara Mengatasi Gondongan dengan Kunyit

Meski kelihatan tradisional, tetapi manfaatnya sungguh terbuktikan sampai saat ini. Kunyit atau Curcuma Longa ini merupakan salah satu jenis rempah-rempah, yang sangat terkenal dan tak mungkin orang tak mengenal manfaatnya. Selain dijadikan bahan dapur, ternyata kunyit ini bisa dijadikan pengobatan alamiah untuk penyakit gondongan.

Salah satu kandungan yang bisa obati gondongan adalah minyak volatile. Minyak ini memiliki peranan sebagai antiinflamasi dan antibakteri untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan membasmi virus diarea leher akibat gondongan.

Lalu, bagaimana cara mengolah kunyit utuk menyembuhkan gondongan? Simak baik-baik langkah pembuatannya dibawah ini.

  • Siapkan beberapa ruas kunyit dan cuci sampai bersih
  • Kupas kulitnya lalu haluskan sampai benar-benar melumat
  • Masukan kedalam wadah dan anda bisa tambahkan bubuk margosa untuk membantu menyingkirkan virus gondongan.
  • Campur dan aduk hingga merata seperti pasta
  • Bila sudah, oleskan campuran bahan tersebut pada area yang membengkak akibat gondongan.

Agar penyembuhan gondongan bisa cepat, pastikan Anda menggunakan cara itu setiap hari sampai pembengkakan gondongan terasa mereda. Dan jangan lupa, seimbangkan dengan makanan yang bergizi dan konsumsi air putih sebanyak mungkin untuk mencegah peradangan kembali.

Itulah Cara Mengatasi Gondongan dengan Kunyit, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp