Cara Mencegah Asam Urat Sejak Dini

Cara Mencegah Asam Urat Sejak Dini

Cara Mencegah Asam Urat Sejak Dini – Asam urat adalah jenis penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini menyebabkan persendian terasa nyeri dan membengkak. Bahkan yang lebih buruknya lagi, persendian bisa meradang dan akibatkan kelumpuhan.

Cara Mencegah Asam Urat Sejak Dini

Sebenarnya, penyakit ini bisa dikendalikan dengan menerapkan hidup sehat. Mengingat, faktor utama penyebab asam urat adalah peningkatan zat purin di dalam darah. Di mana zat purin ini dibawa oleh makanan. Asam urat adalah bentuk limbah dari zat purin tersebut yang semestinya dibuang oleh tubuh melalui ginjal dalam bentuk urin.

Jadi, untuk menghindari terserang penyakit asam urat Anda harus menjaga kadar asam urat dalam tubuh dan melakukan upaya pencegahan asam urat untuk tetap dalam kadar yang normal. Melalui artikel ini, kita akan mengulas cara mencegah asam urat sejak dini.

  • Menghindari makanan yang kaya akan kandungan purin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa asam urat disebabkan karena asupan zat purin tinggi dalam tubuh. Sebenarnya, zat ini tidak berbahaya dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi penderita asam urat atau bagi yang pernah menderita asam urat, purin meruoakan jenis senyawa yang wajib dihindari.

Zat purin terkandung pada sejumlah makanan dan ikut terakumulasi pada tubuh bila penderita mengonsumsi makanan tersebut. Jadi, ada baiknya jika Anda ingin mencegah munculnya asam urat Anda harus mengurangi bahkan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi.

  • Menghindari obesitas atau kegemukan

Seseorang dengan obesitas, mempunyai resiko 4 kali lipat lebih tinggi untuk terkena asam urat. Faktor kegemukan inilah yang memicu terjadinya asam urat. Berat badan yang berlebihan bisa sebabkan penekanan di bagian sendi kaki.

Selain itu, lemak yang berlebihan juga bisa sebabkan fungsi ginjal menurun. Sehingga, asam urat yang tidak tersaring secara optimal oleh ginjal akan dialirkan kebagian tubuh lain dan menumpuklah di persendian. Karena itulah, menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara mencegah asam urat.

  • Memperbanyak minum air putih

Air putih diyakini bisa mencegah berbagai jenis penyakit termasuk asam urat. Anda bisa mengonsumsi air putih sampai 12 gelas setiap harinya. Bagi penderita asam urat, air putih adalah solusi untuk melarutkan kadar asam urat yang menumpuk di tubuh. Jadi, perbanyaklah minum air putih untuk meningkatkan kinerja ginjal dalam membuang kadar asam urat dalam bentuk urin.

  • Rajin olahraga

Olahraga yang rutin bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, ternyata olahraga juga diyakini mampu mencegah meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya asam urat, maka Anda bisa berolahraga paling tidak sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  • Jangan sering mandi malam

Orang yang terbiasa mandi malam cenderung lebih mudah terkena nyeri sendi. Hal tersebut karena pembuluh darah mengalami penyempitan akibat hawa dingin yang menyebabkan suplai oksigen berkurang ke daerah persendian.

Dampak lain dari mandi malam untuk kesehatan adalah penuaan dini, radang sendi, nyeri otot dan gangguan metabolisme tubuh. Untuk orang-orang yang memiliki kesibukan, pastinya mandi malam hari merupakan hal sudah biasa.

Padahal, dari zaman dulu saja mandi malam dipercaya bisa memunculkan gangguan kesehatan salah satunya rematik. Asam urat adalah cabang dari penyakit rematik yang sudah ke tahap serius. Karena itu, bila Anda tidak ingin terkena asam urat, sebaiknya hindari mandi pada malam hari.

Posted by beritharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp