Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh – Asam urat Anda mengalami kekambuhan? Sudahkah Anda mengikut pola hidup sehat? Sudahkah Anda mencegah asam urat agar tidak kambuh?

Asam urat merupakan gangguan yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar asam urat dalam darah secara tidak wajar (abnormal). Normalnya, kadar asam urat dalam darah bagi pria dewasa berkisar 3,5–7,2 mg/dL. Sementara bagi wanita 2,6–6,0 mg/dL.

Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Jika kondisi sudah parah dan mengalami kambuh, pengidap akan mengalami pembengkakan pada persendian yang terkena asam urat. Bagian tersebut akan memanas, memerah dan terasa nyeri yang tak tertahankan.

Pengidap asam urat biasanya mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Namun kini, akibat ritme hidup dan pola makan yang berubah, tidak sedikit usia muda yang mengalami gangguan serupa.

Untuk anda yang kini tengah memiliki masalah gangguan asam urat dan tidak menginginkan gangguan kambuh kembali, anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini :

√ Konsumsi Air Putih

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih 2–3 liter. Selain bisa menjauhkan tubuh dari dehidrasi, hal ini juga bisa membantu ginjal dalam memproses asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

√ Kontrol Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Faktor utama penyebab kadar asam urat tinggi didalam tubuh yaitu zat purin (zat sisa makanan yang dikonsumsi seseorang). Maka dari itu, makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh pengidap asam urat pun sangat memengaruhi kondisi kesehatan.

Pengidap asam urat sangat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis makanan seperti :

  • Makanan dari ternak ( sapi, ayam, kambing)
  • Minuman beralkohol
  • Jeroan (hati, babat, limpa, usus)
  • Makanan laut (udang, kerang, kepiting, cumi, sarden)
  • Kacang-kacangan (kedelai, kacang tanah, kacang ijo, emping dan melinjo)
  • Kaldu atau kuah daging kental
  • Buah-buahan (durian, nanas, alpukat dan air kelapa)
  • Sayuran (kangkung, bayam, kembang kol, daun singkong, asparagus dan buncis)

√ Berolahraga Secara Teratur

Olahraga menjadi salah satu cara agar asam urat tidak kambuh kembali. Jenis olahraga yang baik bagi pengidap asam urat ialah senam dan berjalan kaki. Selain baik bagi para pengidap penyakit asam urat, jenis olahraga tersebut pun sangat bermanfat bagi kesehatan tubuh lainnya.

√ Suplemen

Untuk mencegah agar asam urat tidak kambuh, selain anda harus memerhatikan pola makan, anda juga bisa mencegahnya dengan mengonsumsi suplemen seperti obat resep dari dokter atau obat herbal asam urat yang bukan hanya bisa mencegah asam urat anda kambuh, namun bisa mengobati asam urat secara tuntas.

Nah, itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Dengan mengetahui beberapa hal di atas, diharapkan pengidap asam urat akan cepat tanggap dalam cara mencegah agar asam urat tidak kambuh. Semoga bermanfaat.

Post by : Berita Harianmu

Cara Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh

Save

Updated: 05/05/2017 — 12:49 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme