Bahaya Minuman Bersoda Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Penderita Asam Urat. Asam urat merupakan suatu kondisi dimana penderitanya akan mengalami rasa sakit yang sangat luar biasa di sekitar persendian. Yang menjadi pemicu nyeri sendi ini adalah asam urat yang terbentuk dari sisa metabolisme zat purin yang ada dalam makanan.

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Penderita Asam Urat

Sehingga jika konsumsi makanan dengan kandungan purin berlebih. Maka, kadar asam urat akan naik dan mengkristal serta menyebabkan peradangan di sekitar sendi. Akibatnya pada saat bergerak akan terjadi gesekan antara sendi dan kristal asam urat. Yang dapat menimbulkan rasa nyeri luar biasa dan tak tertahankan.

Salah satu jenis makanan atau minuman yang mempunyai kandungan purin sangat tinggi adalah minuman bersoda. Minuman soda ini memang mempunyai rasa yang enak dan terasa sangat menyegarkan saat di minum. Terutama jika diminum dengan es batu dan pada saat cuaca sedang panas terik tentu akan sangat menyegarkan. Tetapi, tahukah anda bahwa minuman bersoda ini sangat berbahaya bagi penderita asam urat.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk konsumsi minuman bersoda bagi penderita asam urat :

  • Gangguan Fungsi Ginjal
    Minum bersoda mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mempercepat penumpukan asam urat di dalam tubuh. Kemudian kadar asam urat berlebih ini akan mengalami pengendapan didalam ginjal dan menyebabkan fungsi ginjal menjadi tidak normal. Kondisi seperti ini tentu sangat berbahaya. Karena, bisa memicu terjadinya gagal ginjal dan mengharuskan anda melakukan cuci darah secara rutin seumur hidup dengan biaya yang tidak sedikit.
  • Kerusakan Sendi dan Kelumpuhan
    Kandungan zat purin yang ada dalam minuman bersoda mampu merusak jaringan tulang rawan sendi. Sehinngga kondisi ini menyebabkan sendi terasa linu, nyeri, bengkak dan sulit digerakan. Bukan hanya itu, peradangan yang terjadi bisa menyebabkan kerusakan tulang dan sendi. Dimana jika tulang dan sendi sudah rusak maka kemungkinan akan terjadi kelumpuhan bahkan hingga cacat permanen.
  • Penyempitan Pembuluh Darah
    Bagi penderita asam urat yang masih sering mengkonsumsi minuman bersoda, sebaiknya mulai saat ini dihentikan. Karena, jika penderita asam urat mengkonsumsi minuman bersoda bisa memicu timbulnya kadar asam urat berlebih dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dimana kondisi seperti ini bisa menghambat darah menuju otak dan jantung dan menyebabkan serangan jantung dan stroke yang sangat mematikan.

Nah, itulah beberapa bahaya yang cukup mematikan akibat konsumsi soda. Karena itulah, bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan asam urat dan masih mengkonsumsi minuman bersoda. Sebaiknya, mulai dari saat ini kurangi atau hindari minuman bersoda agar terhindar dari ancaman yang mematikan.

Post by : Berita Harian

Updated: 06/06/2017 — 8:39 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme