Bahaya Kristal Asam Urat dalam Urin

Bahaya Kristal Asam Urat dalam Urin

Bahaya Kristal Asam Urat dalam Urin – Tingginya kadar asam urat bisa dilihat dari bentuk kristal yang ada di dalam urin. Susah untuk melihat gejala adanya kristal asam urat, tapi Anda bisa melihat perubahan warna urin yang bisa dilakukan dengan cara tes urin di laboratorium. Kristal asam urat dalam urin bisa menyebabkan perubahan warna.

Bahaya Kristal Asam Urat dalam Urin

Adanya kristal asam urat dalam urin pada tubuh menunjukkan fungsi ginjal tidak baik. Karena itulah, Anda harus segera mengambil langkah pengobatan bila menemukan gejala-gejala seperti nyeri saat buang air kecil.

Bahaya penyakit yang mungkin muncul akibat adanya kristal asam urat dalam urin tersebut, di antaranya:

  • Gagal ginjal

Kristal kristal yang disebabkan karena kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa membuat kinerja dan fungsi ginjal menjadi buruk. Kerja ginjal menjadi terhambat serta menyebabkan ginjal tidak mampu untuk mencerna serta membuang kelebihan asam urat yang tentu sangat berbahaya.

  • Batu ginjal

Kadar asam urat yang tinggi juga bisa sebabkan batu ginjal. Pengkristalan asam urat di dalam ginjal dapat membentuk batu ginjal. Batu ginjal tersebut bisa menyumbat saluran urin sehingga penderitanya mengalami rasa nyeri ketika buang air kecil.

Segera konsultasikan pada dokter bila Anda merasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Dokter biasanya akan memberi resep obat yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Setelah Anda berhasil menurunkan kadar asam urat, tentu hal yang harus Anda lakukan adalah mencegahnya untuk tidak kembali lagi.

Pencegahan bisa Anda lakukan dengan selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa mengonsumsi air putih minimal sebanyak 2 liter per hari. Disamping itu, cara mencegah penyakit asam urat lainnya, adalah:

  • Menghindari makanan yang memiliki kandungan purin
  • Mengurangi asupan minuman beralkohol
  • Rutin mengkonsumsi susu
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Rajin olahraga
  • Memperbanyak konsumsi vitamin C
  • Menghindari pengonsumsian obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan asam urat

Nah itulah tentang bahaya kristal asam urat dalam urin. Semoga bisa bermanfaat dan jaga selalu kadar asam urat di dalam tubuh Anda.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp