Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Urat –  Asam urat adalah salah satu penyakit yang kerap disepelekan. Penyakit ini muncul akibat tingginya jumlah zat purin dalam tubuh. Zat purin sendiri banyak dihasilkan dari makanan dan minuman yang sehari-hari dikonsumsi.

Bahaya Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Tahukah Anda, ternyata kopi yang merupakan minuman yang banyak disukai masyarakat ini dapat membunuh secara perlahan? Memang kopi memiliki rasa yang sangat khas dan juga nikmat, tapi minum kopi tak baik untuk kesehatan terutama untuk Anda yang saat ini menderita asam urat. Berikut adalah beberapa bahaya kopi untuk penderita asam urat.

  • Gangguan fungsi ginjal

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dan dilakukan tiap hari selama bertahun-tahun bisa mempercepat penumpukan kadar asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat yang menumpuk dalam tubuh tersebut kemudian mengendap di dalam ginjal sehingga fungsi ginjal menjadi tak normal serta memicu penyakit ginjal.

  • Lemak berlebihan

Kafein dalam kopi bisa sebabkan tubuh mempunyai jumlah lemak bebas yang lumayan tinggi sehingga memicu timbulnya kadar asam urat yang berlebihan di sekitar persendian. Hal ini akan lebih diperparah bila penderita sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi lantaran dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti diabetes dan stroke.

  • Kerusakan sendi dan jaringan tulang rawan

Kafein dan zat lain dalam kopi bisa merusak jaringan tulang rawan sendi yang sebabkan sendi terasa nyeri, linu dan susah digerakan. Kerusakan tulang rawan pada sendi juga sebabkan sakit pinggang.

  • Peradangan sendi

Kafein yang berlebih dalam tubuh bisa sebabkan bengkak serta membentuk peradangan berupa tofi atau benjolan yang ada di bawah kulit atau sekitar sendi. Kondisi ini seringkali dialami oleh penderita asam urat yang sudah parah. Bagian sendi yang membengkak membuat penderitanya tidak dapat berjalan dengan baik.

  • Penyempitan pembuluh darah

Kafein dalam kopi sebabkan penyempitan pembuluh darah. Kafein tersebut dengan cepat mendorong purin membentuk kristal kristal tajam yang akhirnya bisa menghambat laju jalan darah dipembuluh darah.

Nah itulah bahaya kopi untuk penderita asam urat. Jika Anda mempunyai kebiasaan minum kopi, maka lakukanlah dengan bijak demi kesehatan tubuh Anda. Sekian dan semoga artikel yang kali ini kami bagikan dapat bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp