Bahaya Konsumsi Nangka Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Konsumsi Nangka Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Konsumsi Nangka Bagi Penderita Asam Urat – Pada umumnya penderita asam urat akan mengalami nyeri yang tak tertahankan di sekitar persendian. Dimana nyeri ini timbul akibat peradangan sendi yang dipicu oleh penumpukan asam urat. Rasa nyeri yang menimbulkan ketidaknyamanan pada penderita asam urat sering kali membuat mereka merasa kesulitan bergerak.

Kadar asam urat terbentuk secara alamiah di dalam tubuh sebagai sisa metabolisme zat purin. Dimana zat purin ini berasal dari makanan yang dikonsumsi. Sehingga tidak heran jika banyak jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan salah satunya adalah buah nangka.

Bahaya Konsumsi Nangka Bagi Penderita Asam Urat

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beberapa kandungan yang cukup dibutuhkan tubuh. Namun, meskipun nangka dinilai baik untuk kesehatan, tetapi tidak bagi penderita asam urat. Karena, tingginya zat purin yang ada dalam nangka tidak baik jika dikonusumsi oleh penderita asam urat.

Berikut ini adalah dampak buruk konsumsi nangka bagi penderita asam urat :

  • Kelumpuhan atau cacat permanen

Bukan hanya nyeri sendi saja yang di alami oleh penderita asam urat. Tetapi, jika penderita tidak membatasi makanan seperti nangka yang memiliki kandungan purin tinggi. Maka, kadar asam urat dalam tubuhnya akan meningkat. Dimana kondisi ini juga bisa menyebabkan penumpukan kristal asam di sekitar sendi yang memperparah peradangan sendi.

Peradangan sendi yang semakin parah bisa merusak sendi dan menyebabkan penderita asam urat mengalami kesulitan bergerak. Bahkan tidak sedikit pederita asam urat yang harus mengalami kelumpuhan atau cacat permanen.

  • Batu ginjal

Tingginya zat purin yang masuk ke dalam tubuh terutama dari buah nangka bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat dengan cepat. Dimana kondisi ini membuat organ ginjal tidak mampu berfungsi untuk mengeluarkan asam urat melaui urin. Yang ada kondisi ini hanya akan menyebabkan penumpukan kadar asam urat di dalam ginjal.

Perlu anda ketahui, bahwa kadar asam urat yang menumpuk di dalam ginjal bisa mengeras dan membentuk batu ginjal. Dimana jika seseorang sudah mengalami gangguan kesehatan pada organ ginjal. Tentu saja harus bergantung hidup dengan melakukan cuci darah yang membutuhkan biaya sangat besar.

Nah, itulah bahaya dan komplikasi penyakit asam urat yang perlu anda ketahui. Pastikan anda menerapkan pola hidup sehat dan mengatur asupan makanan untuk mengatasi gejala dan menghindari bahaya penyakit asam urat.

Post by : beritaharianmu.com

Updated: 19/06/2017 — 10:38 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme