Bahaya Konsumsi Emping Bagi Penderita Asam urat

Bahaya Konsumsi Emping Bagi Penderita Asam urat – Benarkah emping tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat? Jika benar, apa alasannya? Untuk mengetahui alasannya, simaklah penjelasan di bawah ini.

Bahaya Konsumsi Emping Bagi Penderita Asam urat

Bahaya Konsumsi Emping Bagi Penderita Asam urat

Penyakit asam urat menjadi salah satu jenis peradangan artritis yang paling umum terjadi di masyarakat kita saat ini. Penyakit ini terjadi karena kadar asam urat terlalu banyak di dalam tubuh sehingga menumpuk di persendian kemudian membentuk kristal urat yang bisa picu serangan asam urat.

Emping diolah dari buah melinjo yang telah matang, ditumbuk hingga halus lalu dicetak dan dikeringkan. Namun sayang, pada proses produksinya emping langsung digoreng dalam minyak. Nah kandungan lemaknya juga tak bagus untuk tubuh penderita asam urat.

Asam urat adalah limbah dari makanan yang dikeluarkan ketika tubuh memecah zat yang bernama purin. Purin bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, termasuk emping. Jenis makanan inilah yang harus dijauhi oleh penderita asam urat.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan terhadap 100 gr emping, ditemukan kandungan emping berupa energi 345 KKal, purin 200 mg, karbohidrat 71.5 gr, protein 12 mg, lemak 1.5 gr, fosfor 400 mg, kalsium 100 mg, zat besi 5 mg.

Normalnya, asam urat memang dilarutkan dalam darah kemudian disaring oleh ginjal untuk dijadikan bagian dari urin yang akan dikeluarkan tubuh.

Nah, bila terjadi peningkatan produksi asam urat atau bila ginjal tidak menyaring cukup banyak asam urat dari dalam tubuh, maka kadar asam urat akan terlalu tinggi dalam darah sehingga Anda mengalami hiperurikemia.

Kondisi ini akan Anda alami jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti emping. Karena itulah penderita asam urat tak boleh mengonsumsi emping.

Kadar purin dalam 100 gr emping ini berkisar antara 150–800 mg, jumlah yang cukup tinggi bukan? Bayangkan di dalam tubuh Anda terdapat purin sebanyak itu, tubuh akan dipaksa untuk memecah purin. Berapa banyak jumlah asam urat yang dihasilkannya dan menumpuk di persendian Anda? Sebelum terlambat, ada baiknya hindari konsumsi emping ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 29/11/2017 — 8:48 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme