Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Tidak ada komentar 93 views

Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat – Jengkol atau yang mempunyai nama latin Archidendron pauciflorum adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang terkenal dengan aroma bau nya. Namun, dibalik aromanya yang cukup menyengat tersimpan rasa yang sangat lezat, apalagi jika disemur. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia memasukan jengkol ke daftar menu makanan favorit mereka.

Bahkan, hingga saat ini jengkol sudah mulai dikenal di Mancanegara. Namun, dibalik kelezatannya jengkol  ternyata mengandung asam jengkolat atau jengkolic acid. Dimana kandungan ini bersifat sama dengan uric acid atau asam urat. Sehingga, apabila jengkol dikonsumsi dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan penumpukan kristal-kristal dalam urin. Karena itulah jengkol di masukan ke dalam daftar pantangan penderita asam urat.

Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Para penderita asam urat sangat dianjurkan untuk menghindari bahkan untuk tidak mengkonsumsi jengkol. Karena makanan pengugah selera yang satu ini cukup berbahaya. Dimana konsumsi jengkol bagi penderita asam urat bisa menyebabkan pengkristalan yang lebih banyak di dalam sendi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan sendi yang berujung pada kelumpuhan atau cacat permanen.

Bukan hanya itu, konsumsi jengkol secara berlebih juga bisa menyebabkan timbulnya kondisi lain seperti bau mulut, dan keracunan jengkol. Menurut hasil riset para ahli tidak sedikit kasus yang mengalami keracunan setelah konsumsi jengkol berlebih, terutama dalam keadaaan mentah. Karena, kandungan asam jengkolat yang cukup berbahaya ini sangat tinggi jika jengkol dikonsumsi dalam keadaan mantah.

Perlu anda ketahui!!!

Jengkol sangat harus dihindari oleh penderita asam urat. Karena, selain dapat menyebabkan penumpukan kristal asam dipersendian yang dapat menyebabkan nyeri luar biasa. Tenyata, beberapa kandungan di dalam jengkol ini juga bisa merusak dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dimana jika pembuluh darah sudah tersumbat, maka resiko serangan jantung dan stroke yang cukup mematikan akan meningkat. obat asam urat

Nah, itulah penjelasan tentang bahaya jengkol bagi penderita asam urat. Sebenarnya jika anda tidak mempunyai riwayat asam urat boleh-boleh saja jika ingin mengkonsumsi jengkol. Karena jengkol juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, yang perlu anda garis bawahi bahwa tidak boleh konsumsi jengkol secara berlebihan dan dalam waktu yang cukup sering. Tetapi, bagi penderita asam urat, sekali lagi kami sarankan sebaiknya hindari konsumsi jengkol. Jangan sampai hal sepele seperti ini justru akan mengancam kematian. Bagi anda penderita asam urat segera terapkan pola hidup sehat dengan mulai mengatur asupan makanan dan melakukan olahraga secara rutin.

Post by :  beritaharianmu.com

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat"