Aneka Makanan Penyebab Migrain

Aneka Makanan Penyebab Migrain

Aneka Makanan Penyebab Migrain – Saat ini, kebanyakan orang menganggap bahwa stress, lelah berlebihan, tekanan kerja hingga beberapa masalah pada otak adalah penyebab utama dari migrain. Padahal, sebetulnya migrain bisa berasal dari kesalahan yang sangat sederhana yaitu mengonsumsi makanan tertentu yang memicunya.

Aneka Makanan Penyebab Migrain

Berdasarkan pendapat dari seorang pakar bernama Noah Rosen, MD di New York. Menurutnya beberapa jenis makanan secara umum mempunyai pengaruh terhadap kondisi aliran darah dan juga sistem saraf otak sehingga bisa mempengaruhi serangan migrain.

Beberapa makanan tersebut bersifat memicu migrain dan bahkan beberapa makanan lainnya bisa meningkatkan rasa nyeri pada migrain. Lantas apa saja makanan yang bisa menjadi penyebab migrain atau bisa memperburuk kondisi migrain?

  • Keju

Keju mengandung senyawa tiramin yang bisa sebabkan pembuluh darah mengerut. Kondisi ini bisa menular ke beberapa bagian pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah menuju otak dan terkadang kondisi ini juga bisa memicu munculnya migrain.

  • Alkohol

Sebagian orang kerap mengalami masalah dengan migrain ketika mereka mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Efek mabuk sering bersinergi dengan terjadinya migrain. Biasanya migrain muncul seketika saat alkohol dikonsumsi. Tapi terkadang migrain juga muncul setelah efek dari alkohol tersebut menghilang.

Alkohol bisa meningkatkan aliran darah ke otak secara mendadak sehingga sebabkan saraf terstimulasi secara tak wajar. Hal ini seringkali menyebabkan dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab dari migrain.

  • Cokelat

Beberapa pakar menduga cokelat bisa mengatasi migrain karena efek adanya pembentukan hormon endorfin yang dibentuk dari pengonsumsian cokelat. Namun pada kasus migrain akibat aliran darah yang tidak lancar dan migrain akibat kurang olahraga.

Boleh jadi cokelat hanya akan memperburuk kondisi saja bila dikonsumsi. Karena endorfin semakin menurunkan intensitas aliran darah serta memberi stimulan pada saraf yang bisa meningkatkan rasa nyeri.

  • Pisang

Pisang juga mengandung tiramin yang bisa memicu pengerutan pembuluh darah serta bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah ke otak sehingga terjadilah migrain.

  • Makanan beku

Beberapa makanan beku yang terbuat dari bahan baku daging diyakini mengandung banyak nitrat dan juga nitrit. Keduanya terbukti bisa mempengaruhi susunan darah serta pembuluh darah sehingga mengganggu kelancaran aliran darah.

Saraf otak yang tak tersuplai darah dan juga oksigen dengan baik sangat rentan menyebabkan migrain. Nitrat dan nitrit pun juga ikut menyebabkan ketegangan pada sistem saraf dan juga otot disekitar leher dan otak.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang terbukti bisa mengganggu aliran darah menuju otak, bisa menyebabkan stimulasi terhadap saraf yang tak wajar, bisa mendorong terjadinya masalah di sistem otak dan juga bisa menyebabkan migrain.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp