8 Cara Mengobati Gangguan Pernapasan Bengek Secara Alami

8 Cara Mengobati Gangguan Pernapasan Bengek Secara Alami

8 Cara Mengobati Gangguan Pernapasan Bengek Secara Alami – Bengek merupakan suara mengi ketika bernapas yang muncul saat saluran pernapasan menyempit atau terhambat. Suara tersebut akan terdengar sangat kencang ketika Anda tengah menghembuskan napas.

8 Cara Mengobati Gangguan Pernapasan Bengek Secara Alami

Sebetulnya bengek merupakan gejala dari suatu gangguan kesehatan seperti misalnya asma, bronkitis akut, edema pulmonari, penyakit paru obstruktif kronis, trakebronkitis dan disfungsi pita suara.

Nah bila gejala bengek ini terus Anda rasakan, biasanya akan semakin memburuk serta memengaruhi kualitas hidup karena bisa mengganggu tidur dan bisa membuat Anda sering merasa lelah. Maka, penting untuk segera mengobati bengek. Ada banyak hal yang bisa mengobati bengek, salah satunya beberapa pilihan pengobatan bengek secara alami berikut ini.

1. Terapi Uap

Jika Anda ingin meringankan gejala bengek dengan cepat, tak ada cara lain yang secepat terapi uap. Anda dapat mengurangi sumbatan disaluran pernapasan karena uap yang Anda hirup bisa mengencerkan lendir dan dahak yang mengendap.

2. Mandi Air Hangat

Sama halnya seperti terapi uap, mandi air hangat juga dapat membuat napas Anda menjadi lebih lega dan bisa menghentikan bengek. Udara hangat dari air bisa merilekskan saluran pernapasan yang menegang serta kelembabannya dapat mengencerkan lendir yang menyumbat.

3. Cairan Hangat

Dalam keadaan apapun, Anda harus selalu menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. Bila sedang bengek, sebaiknya mengonsumsi lebih banyak cairan hangat guna menghidrasi tubuh serta sekaligus membantu meringankan gejala bengek.

4. Cuka Apel

Pengobatan alami lain untuk mengobati bengek yaitu menggunakan cuka apel. Cuka apel bisa mengoptimalkan fungsi tubuh dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh serta bisa mengusir berbagai toksin atau racun. Disamping itu, ternyata cuka apel juga mengandung nutrisi penting yang dapat menyokong sistem pernapasan.

5. Jahe

Jahe merupakan salah satu rimpang terbaik untuk mengobati bengek. Kemampuan antiinflamasi yang dimiliki jahe bisa membantu meredakan peradangan di saluran pernapasan. Juga dapat merilekskan otot-otot sehingga kurangi ketegangan di dada.

6. Bawang Putih

Cara mengobati bengek secara alami selanjutnya adalah dengan bawang putih. Bawang putih diperkaya oleh antioksidan yang bisa membantu menetralisir radikal bebas serta bisa mengurangi kontraksi di saluran pernapasan sehingga Anda bisa bernapas lega.

7. Kunyit

Kunyit merupakan herbal terbaik untuk mengobati bengek. Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam kunyit bisa membantu membersihkan penyumbatan disaluran hidung serta bisa mengatasi iritasi dan juga peradangan.

8. Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus bisa membuka saluran udara yang tersumbat serta bisa segera mengobati bengek. Karena minyak yang satu ini memiliki antibakteri, antiinflamasi dan dekongestan. Minyak eucalyptus bisa membantu Anda untuk bisa rileks dan kurangi kadar stres sehingga bisa meringankan gejala bengek dan gangguan pernapasan lainnya.

Selain dengan bantuan obat alami di atas, Anda perlu menghilangkan hal hal yang dapat memicu iritasi di saluran pernapasan. Jika tidak, gejala bengek pasti akan terus terusan kambuh. Sekian dan semoga artikel ini dapat membantu.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp