7 Penyebab Asam Urat Tinggi

7 Penyebab Asam Urat Tinggi

7 Penyebab Asam Urat Tinggi – Jika Anda menderita asam urat, kemungkinan besar Anda terbiasa dengan rasa ngilu, nyeri dan bengkak pada persendian terutama pada jempol kaki. Selama ini mungkin Anda tidak terlalu paham mengapa gejala asam urat dapat terjadi.

7 Penyebab Asam Urat Tinggi

Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan apa saja yang menyebabkan Anda menderita asam urat. Dengan begitu, Anda bisa mencegah kemunculan asam urat di kemudian hari. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan metabolisme asam urat.

Tingginya kadar asam urat bisa memunculkan serangan encok di beberapa bagian persendian. Ini sebabkan sendi-sendi mengalami nyeri dan kemerahan. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan asam urat tinggi? Berikut penyebab-penyebab asam urat tinggi yang harus Anda ketahui.

1. Pola Makan

Penyebab asam urat tinggi yang pertama adalah akibat pola makan yang tidak sehat. Di mana Anda sering mengonsumsi makanan berpurin. Purin adalah zat yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi asam urat. Purin sendiri bisa ditemukan pada makanan laut, daging, alkohol dan masih banyak lagi.

2. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan tertentu bisa membuat Anda lebih mungkin untuk terkena serangan encok. Masalah kesehatan tersebut antara lain adalah tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit ginjal, sindrom metabolik, diabetes dan bahkan penyakit jantung.

3. Jenis Obat-obatan Tertentu

Kadar asam urat yang tinggi juga dapat disebabkan oleh penggunaan jenis obat-obatan tertentu seperti obat aspirin dan obat diuretik.

4. Memiliki Riwayat Asam Urat Keluarga

Bila ada anggota keluarga yang menderita asam urat, misalnya orang tua Anda menderita asam urat. Anda juga dapat berisiko menderita hal yang sama.

5. Usia dan jenis kelamin

Asam urat cenderung menyerang pria di usia 30-50 tahun jika dibandingkan dengan wanita. Namun setelah menopause, kadar asam urat wanita bisa mendekati kadar asam urat pria.

6. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Obesitas bisa membuat tubuh memproduksi kadar asam urat dalam jumlah yang banyak. Sehingga, ginjal akan semakin kesusahan saat menyingkirkan kelebihan asam urat tersebut.

7. Pembedahan atau Luka Berat

Baru menjalani operasi pembedahan atau luka berat saat ini dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat tinggi.

Nah itulah 7 penyebab asam urat tinggi yang perlu Anda ketahui. Saat ini mungkin Anda berpikir, adakah cara yang bisa mengurangi kadar asam urat tubuh Anda?

Jawabannya tentu banyak sekali caranya dan tidak susah dilakukan. Yang penting, Anda harus berusaha menjauhi faktor penyebab asam urat tinggi yang telah dijelaskan diatas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp