7 Buah Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

7 Buah Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

7 Buah Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari – Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan feses bertekstur keras saat BAB, sakit perut dan bahkan sampai BAB berdarah yang kita kenal dengan sebutan wasir.

7 Buah Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

Apa penyebabnya? Rupanya mengonsumsi buah-buahan tertentu adalah salah satu penyebab sembelit. Jadi coba Anda ingat-ingat kembali apakah buah-buahan penyebab sembelit di bawah ini yang baru-baru ini Anda konsumsi.

  • Leci

Buah segar yang satu ini memang salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Tapi jika ingin mengonsumsi leci, Anda harus tahu batasnya ya, karena ternyata leci dapat memicu gejala sembelit.

  • Durian

Bagi beberapa orang, durian memang terasa begitu nikmat. Tapi beberapa orang yang mempunyai penyakit kronis seperti darah tinggi, jantung, stroke dan kolesterol tinggi memang dianjurkan untuk tidak memakannya.

Karena ternyata durian menjadi salah satu buah yang sebabkan sembelit lantaran di dalamnya terkandung gula yang sangat tinggi sehingga jika sampai Anda berlebihan mengonsumsinya bisa memicu susah BAB.

  • Lengkeng

Terlepas dari bentuk dan juga ukurannya yang kecil, lengkeng adalah buah yang sangat manis dan segar. Dalam 100 gram buah lengkeng, ada karbohidrat sebanyak 15 gram. Sehingga unsur pati yang dibawanya merupakan faktor penghambat metabolisme. Konsumsi lengkeng berlebihan bisa sebabkan sembelit, jadi batasi dengan baik agar sembelit bisa dihindari.

  • Apel

Meski apel merupakan buah yang sudah banyak dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Rupanya apel bisa sebabkan sembelit. Gula yang terkandung dalam setiap 100 gram apel yaitu 10 gram, hal inilah yang memicu sembelit. Karena itu, Anda harus tetap membatasi pengonsumsiannya.

  • Pepaya

Bukankan buah pepaya merupakan buah yang justru harus dikonsumsi saat mengalami sembelit? Ternyata pepaya dapat menjadi penyebab sembelit bagi anak-anak. Khususnya jika diberikan dalam kondisi buah yang belum matang. Jadi pepaya yang lunak dan juga matanglah yang bagus untuk melancarkan BAB.

  • Buah Pir

Kandungan air yang tinggi pada buah pir bukan menjadi jaminan bahwa pencernaan bisa terjaga fungsinya. Karena buah pir menjadi buah penghasil gas juga sehingga efeknya akan sama seperti saat mengonsumsi buah durian ataupun lengkeng. Jadi sebaiknya hindari buah pir ini terlebih dulu selama Anda mengalami sembelit.

  • Buah Persik

Buah persik juga dapat memicu sembelit. Pencernaan bisa terganggu yang berimbas pada susahnya BAB saat lambung dan usus bermasalah akibat gas dari buah persik yang dikonsumsi.

Nah itulah 7 Buah Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari. Lebih bijaklah dalam memilih jenis buah untuk dikonsumsi beserta dengan porsi yang dinikmati supaya tidak berlebihan dan tidak menyebabkan masalah pencernaan. Buah-buahan di atas bukan buah yang berbahaya, hanya saja bisa memberikan dampak kurang bagus jika dikonsumsi terlalu banyak dan juga sering.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp