6 Pantangan Makanan untuk Penderita Epilepsi

6 Pantangan Makanan untuk Penderita Epilepsi

6 Pantangan Makanan untuk Penderita Epilepsi – Tahukah Anda tentang penyakit epilepsi? Epilepsi merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan, hingga akan menyerang dan merusak bagian sistem saraf otak.

6 Pantangan Makanan untuk Penderita Epilepsi

Bila kondisi ini terjadi, biasanya seseorang akan mengalami serangan berupa kejang-kejang yang berulang kali dalam hidupnya. Sebagian penderita epilepsi, tentu pernah mengalami ini hingga peningkatan terhadap risiko yang akan ditimbulkannya.

Dan hal tersebut, juga akan terjadi setelah penderita mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa memicu epilepsi menjadi kambuh. Meski banyak cara untuk mengobati epilepsi, tentu Anda juga harus menjauhi makanan untuk menurunkan risiko yang akan ditimbulkannya. Berikut, 6 pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita epilepsi seperti :

  • Makanan olahan

Dalam sebuah jurnal Neurologi pada tahun 2016, menyebutkan bahwa mereka mengkonsumsi makanan rendah gula. Tentu, serangan epilepsi akan turun 90%. Namun, apabila mengkonsumsi makanan dengan tinggi gula, tentu serangan epilepsi akan menyerangnya dengan mudah. Dan makanan rendah gula atau olahan tersebut seperti pizza, roti putih, keripik, pasta, cake, nasi putih, pasta dan minuman bersoda/kemasan.

  • Makanan tinggi MSG

Makanan tinggi MSG atau instan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh semua penyakit seperti epilepsi ini. Dan hal tersebut sudah terpapar jauh, karena mampu memberi efek yang negatif terhadap tubuh penderita epilepsi. Makanan tersebut seperti mie instan, daging kalengan, sarden, sayur kalengan, buah-buahan kalengan dan makanan yang dikemas.

  • Buah dan sayuran tinggi gula

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa makanan yang tinggi gula harus dijauhkan pada penderita epilepsi. Begitu dengan buah dan sayuran yang terbilang sehat, tentu beberapa buah didalamnya mengandung kadar gula tinggi. Buah dan sayuran tersebut seperti mangga, pisang, kurma, kismis dan kentang yang dihaluskan.

  • Makanan seafood

Makanan laut atau seafood tentu merupakan pantangan bagi semua penyakit. Hal tersebut karena mampu memberi reksi alergi dan sakit kepala bagi penderita epilepsi. Dan hal tersebut, juga akan menyebabkan aktivitas saraf menjadi terganggu dan berisiko terkena asam urat. Makanan tersebut seperi kerang, udang, cumi-cumi, ikan kakap, tuna, dan todak.

  • Kacang ginkgo

Seperti yang ungkap dalam sebuah jurnal epilepsi pada tahun 2001, pasien yang mengindap epilepsi mengkonsumsi sejumlah kacang ginkgo biloba. Hingga pada akhirnya, pasien mengalami serangan epilepsi disertai dengan mual dan muntah selam 4 jam. Dan hal tersebut, terjadi akibat kacang ginkgo memiliki racun yang dapat merusak saraf.

  • Minuman kafein dan alkohol

Pantangan selanjutnya adalah minuman berkafein dan berakohol. Kedua minuman ini tentu harus dijauhi, sebab akan memberi efek negatif bagi saraf hingga risiko epilepsi dapat ditingkatkan.

Hal tersebut, karena kedua minuman ini dapat meningkatkan adrenalin yang bisa menghambat aktivitas saraf hingga kejang-kejang bisa terjadi. Minuman tersebut seperti kopi, teh, minuman coklat, durian, nangka dan lengkeng.

Itulah 5 Pantangan Makanan untuk Penderita Epilepsi, yang harus Anda ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk Anda.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp