5 Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar

5 Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar

5 Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar – Bagi wanita, tentu hal ini akan mengalami dan merasakan nyeri haid atau datang bulan. Kondisi ini, dapat kita sebutkan merupakan suatu proses dimana seorang wanita mengalami perkembangan.

5 Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar

Dalam siklus haid normal, biasanya akan keluar 2-7 hari dan bisa lebih dari itu. Namun, pada kenyataanya hal tersebut tak terjadi oleh semua wanita. Dan sebagian wanita, akan mengalami haid tidak lancar bahkan dalam sebulan tidak keluar sama sekali.

Sebanarnya, sebagian wanita juga tidak tahu mengapa siklus haidnya tidak lancar. Padahal, ada beberapa alasan yang merupakan faktor besar siklus haidnya bisa tidak teratur. Dan berikut, kami paparkan 5 penyebab yang perlu Anda ketahui ketika haid menjadi tidak lancar. Diantaranya seperti :

  • Penurunan berat badan

Kondisi ini merupakan hal kecil, yang bisa dikatakan faktor siklus haid wanita tidak teratur. Karena apa? Hal itu, dikarenakan wanita sering melakukan program diet, hingga berat badan bisa turun drastis. Dan hal tersebut, juga akan memungkinkan penderita mengalami bulimia atau anoreksia.

  • Stres

Kondisi kedua adalah stres. Ketika stres terjadi, tentu akan memengaruhi bagian otak (hypothalamus). Bagian ini merupakan bagian otak yang mudah terpengaruh oleh stres, hingga seseorang akan mengalami gangguan hormon pada periode haid.

  • Hormon tidak seimbang

Dalam kondisi ini, bisa dibilang yang paling rentan terjadi disetiap kaum wanita. Akibat dari ketidakstabilan atau hormon yang kurang seimbang, membuat hasil kerja sama antara otak, kelenjar tiroid, kelenjar otak dan kantung telur tidak bisa berhasil untuk mengeluarkan haid.

  • Gangguan tiroid

Seperti yang dikatakan tadi, tiroid merupakan salah satu kelenjar yang bisa bekerjasama dengan otak untuk mengeluarkan haid. Dan apabila mengalami masalah, tentu jadwal haid tidak teratur dan tubuh pun tidak bisa mengatur metabolismenya.

  • Penyakit

Penyebab terakhir karena adanya penyakit. Dengan adanya suatu penyakit yang menyerang vagina seperti jamur, juga akan menyebabkan haid tidak menjadi lancar sebagaimana mestinya. Dan biasanya kondisi ini dapat berakibat patal, karena bisa menyebabkan tumor tumbuh hingga menghalangi darah kotor atau haid untuk keluar.

Itulah 5 Penyebab Haid Tidak Lancar, yang perlu Anda ketahui sejak dini mungkin. Bila kondisi ini terjadi pada Anda, segera konsultasikan kedokter untuk mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya. Semoga artikel ini bisa membantu, bermanfaat dan selamat mencoba.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp