5 Penyebab Munculnya Benjolan di Leher

5 Penyebab Munculnya Benjolan di Leher

5 Penyebab Munculnya Benjolan di Leher – Benjolan di leher kerap dikira sebagai gondok. Tapi ternyata ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan leher seseorang membengkak. Apa saja penyebab munculnya benjolan di leher? Berikut ulasannya.

5 Penyebab Munculnya Benjolan di Leher

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab munculnya benjolan di leher yang paling umum ialah pembengkakan pada kelenjar getah bening. Boleh jadi hal ini disebabkan karena infeksi virus atau infeksi bakteri.

Kelenjar getah bening dapat membesar jika ada infeksi akut seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi telinga atau infeksi kulit. Kondisi ini juga dapat diperparah oleh infeksi kronis seperti tuberkulosis.

2. Masalah pada Kelenjar Tiroid

Benjolan cair atau padat pada leher bisa muncul jika terjadi masalah pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar pengatur metabolisme tubuh yang berada di bagian depan leher.

Kelenjar tiroid yang membesar dapat menyebabkan tekanan pada saraf leher, membuat Anda kesulitan menelan bahkan bernapas. Sebagian besar benjolan pada kelenjar tiroid ini bukan benjolan kanker. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi disebabkan karena kanker.

3. Kulit Tambahan atau Benjolan Subcutaneous

Benjolan di leher dapat muncul dari kulit yang menebal dibawah atau diatas jaringan kulit. Sebagian besar benjolan ini, tidak bersifat kanker serta tidak memunculkan gejala tertentu. Namun Anda tetap harus berhati-hati, karena benjolan ini terkadang dapat berubah menjadi kanker.

4. Pembesaran Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah merupakan organ di leher yang menghasilkan air liur. Kelenjar ini tentu membantu Anda mencerna makanan supaya mudah untuk masuk ke dalam saluran pencernaan. Namun terkadang kelenjar ini dapat membesar karena beberapa alasan termasuk infeksi, tumor atau akibat kondisi kesehatan lain yang mendasarinya. Sebaiknya konsultasi pada dokter.

5. Kista Saluran Thyroglossal

Kista saluran thyroglossal ialah kista di leher yang dapat muncul ketika masa kanak-kanak. Umumnya, hal ini tidak membahayakan. Tapi untuk mengobatinya, biasanya dokter akan melakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat jaringan tersebut.

Demikian informasi mengenai 5 Penyebab Munculnya Benjolan di Leher. Setelah mengetahui penyebabnya, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati lagi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp