5 Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

5 Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

5 Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan – Saat tenggorokan meradang, rasa nyeri dan tak nyaman ketika menelan bisa membuat Anda susah makan dan minum. Padahal tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung kesembuhan.

5 Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

Makanan untuk penderita radang tenggorokan haruslah makanan sehat bernutrisi, memiliki tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Hal tersebut akan membantu meredakan iritasi di tenggorokan. Berikut makanan yang bisa meringankan rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

  • Sup ayam

Hasil riset menunjukkan bahwa nutrisi yang ada di dalam sup ayam bersifat meredakan peradangan dan bisa membantu membersihkan saluran nafas yang bisa kurangi gejala sakit tenggorokan.

  • Telur orak arik

Protein yang terkandung dalam telur sangat bagus untuk menutrisi tubuh Anda, nah biasanya telur yang diorak arik bisa terasa lebih lembut dan lunak. Hal tersebut bisa memudahkan Anda saat menelannya.

  • Madu

Madu, selain rasanya enak dan melegakan ternyata mengandung nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Madu dipercaya efektif melawan infeksi serta bisa menyembuhkan luka atau radang pada tenggorokan karena madu kaya akan antioksidan yang dapat bertindak sebagai antibakteri, antivirus dan antiinflamasi.

  • Kunyit dan jahe

Kedua tanaman herbal ini mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berguna untuk menghentikan gejala flu seperti radang tenggorokan. Anda dapat mengolah kunyit dan juga jahe menjadi minuman hangat.

  • Bawang putih

Sifat antivirus, antibakteri dan antijamur dalam bawang putih memang sangat bagus untuk mengobati gejala radang tenggorokan. Penggunaan bawang putih untuk radang tenggorokan sangatlah sederhana yaitu dengan mengunyah atau menghisap baunya selama kurang lebih 15 menit.

Untuk menyamarkan rasa getir bawang putih di mulut, Anda dapat mencampurkan bawang putih tersebut dengan minyak zaitun atau madu. Yang paling penting adalah Anda harus memakan bawang putih mentah dan sesegera mungkin setelah dihancurkan supaya lebih efektif manfaatnya

Demikian informasi mengenai 5 Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan. Selain mengkonsumsi makanan untuk radang tenggorokan tersebut, berhentilah merokok. Karena rokok bisa membuat tenggorokan Anda semakin teriritasi dan juga kering.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp