5 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi

5 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi

5 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi – Mempunyai asam urat memang sangat menyiksa. Ketika asam urat kambuh, maka sakitnya dapat terasa seharian penuh. Salah satu tips menghindarinya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, zat yang memicu kenaikan asam urat. Zat purin sendiri ternyata bisa kita temukan dalam buah.

5 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi

Buah merupakan asupan yang dinilai penting bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh. Tapi ternyata tidak semua buah berdampak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Ada beberapa buah yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena kandungan didalamnya. Sebagian buah bisa saja memicu terjadinya penyakit asam urat atau memicu kondisi asam urat yang lebih parah dalam tubuh. Lantas jenis buah apakah yang bisa menyebabkan asam urat tinggi?

Berikut ini adalah jenis buah yang bisa picu penyakit asam urat dan ada baiknya dikurangi mengonsumsinya:

  • Nangka

Nangka mengandung purin yang cukup tinggi. Boleh saja penderita asam urat mengonsumsi nangka, namun harus ada batasan dalam mengonsumsinya.

Karena jika dikonsumsi secara berlebih maka kadar asam urat dalam tubuh bisa meningkat yang berlanjut pada penumpukan kristal asam urat disela-sela persendian.

Selain itu, nangka juga dapat menganggu kerja ginjal akibat purin yang tinggi menjadikan ginjal tidak dapat melakukan kerjanya dengan baik. Purin yang masuk tidak dapat diolah dan dibuang melalui saluran urin. Alhasil, di dalam ginjal pun mulai terjadi penumpukan asam urat. Dan yang lebih parahnya lagi, penumpukan asam urat dalam ginjal bila dibiarkan lama kelamaan dapat membentuk batu ginjal.

  • Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin C dan karbohidrat cukup. Sebetulnya manfaat buah ini sangat baik seperti dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh, tapi perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi pepaya secara berlebihan bisa memicu pembentukan batu ginjal pengonsumsian vitamin C yang berlebihan. Sehingga saat batu ginjal terbentuk akan berpengaruh juga pada purin yang tidak dapat dikelola dengan baik oleh ginjal sehingga sebabkan terjadinya asam urat.

  • Nanas

Buah nanas yang telah dicerna terfermentasi dapat berubah menjadi alkohol sehingga picu terjadinya asam urat. Disamping itu, nanas juga dapat memberi efek negatif pada glukosa yang terdapat dalam darah. Ini terjadi karena kandungan gula pada nanas sangat tinggi.

  • Kelapa muda

Kelapa muda mengandung kalium dan elektrolit pada airnya. Kandungan inilah yang menjadi gangguan untuk mereka yang mempunyai kelainan pada fungsi ginjalnya. Ginjal bisa kesulitan saat mensekresikan zat dalam tubuh. Kerusakan ginjal yang makin parah dapat memicu peningkatan purin dalam tubuh. Purin tidak dapat diolah dengan baik, alhasil menumpuk dan memicu munculnya asam urat diikuti gangguan ginjal yang makin buruk.

  • Rambutan

Perlu Anda ketahui, bahwa rasa manis pada buah yang satu ini sifatnya adalah alkoholik. Artinya, jika buah rambutan terlalu matang maka kandungan gula di dalamnya dapat berubah menjadi alkohol, Sehingga berdampak buruk pada kenaikan kolesterol tubuh. Bila terus berkelanjutan, hal ini bisa memicu kedatangan penyakit asam urat.

Nah itulah buah yang bisa menyebabkan asam urat atau memicu bertambah parahnya asam urat yang Anda derita. Bila Anda belum mendapat penyakit asam urat, ada baiknya mulai melakukan pembenahan pada tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengurangi pengonsumsian makanan yang buruk untuk tubuh.

Tapi bagi Anda yang sudah terlanjur dan saat ini tengah menderita asam urat, Anda bisa melakukan pengobatan asam urat pada dokter atau mengonsumsi obat herbal untuk penyakit asam urat.

Hindari juga makanan yang bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Jangan lupa juga konsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas, ini akan membantu untuk menyembuhkan asam urat juga dan baik bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Posted by beritaharianmu.com

5 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp