5 Buah Penurun Darah Tinggi

5 Buah Penurun Darah Tinggi

5 Buah Penurun Darah Tinggi – Tidak selamanya Anda harus membutuhkan obat medis untuk dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Karena faktanya, ada beberapa makanan termasuk beberapa jenis buah yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

5 Buah Penurun Darah Tinggi

Buah yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah jenis buah yang mengandung potasium tinggi. Karena itu, di bawah ini akan dipaparkan beberapa buah yang kaya akan potasium tinggi untuk penurun darah tinggi.

  • Pisang

Menurut data dari USDA, diketahui pisang adalah salah satu buah dengan kandungan potasium tinggi mencapai angka 422 mg/buah pisang atau setara dengan 17% kebutuhan tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung serat sekitar 2,83 gram.

Pisang juga mengandung kalori yang terbilang menengah yaitu sekitar 95 kal. Sehingga, buah yang satu ini dianggap cukup bisa mengenyangkan sebagai pilihan menu diet penganti karbohidrat.

  • Kurma

Dalam kurma didapati sejumlah kandungan potasium sebanyak 54,3 mg per butirnya. Di samping itu, kurma juga mengandung karbohidrat kompleks, rendah lemak, dan beberapa mineral penting seperti magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, mangan, dan beberapa asam amino essensial.

  • Alpukat

Untuk setiap 150 gram alpukat yang matang, ada kandungan potasium sebanyak 727 mg atau sekitar 21 persen kebutuhan potasium tubuh. Sodium yang terkandung di dalamnya juga cukup rendah yaitu hanya kisaran 10 mg.

Dan meski alpukat berlemak, justru tak mengandung kolesterol. Alpukat mempunyai jenis lemak unik yang disebut avokaden yang dapat membantu menekan tekanan darah.

  • Pepaya

Di dalam 1 kg buah pepaya diyakini terdapat kandungan potasium setidaknya sekitar 781 mg. Buah pepaya juga mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, C dan B6, sejumlah mineral, dan sudah pasti memiliki kandungan beta karoten dan papain yang bisa membantu proses peluruhan lemak dan juga kolesterol di dalam darah melalui pembuangan. Sehingga menekan pembentukan endapan kolesterol pada pembuluh darah.

  • Kiwi

Buah dengan rasa asam yang hebat ini juga memiliki kandungan potasium sekitar 237 mg per buahnya. Di samping itu, kiwi juga mengandung antioksidan, beberapa vitamin dan beberapa mineral seperti fosfor, magnesium dan mangan yang bisa membantu menekan tekanan darah secara efektif.

Demikian informasi mengenai 5 Buah Penurun Darah Tinggi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda yang saat ini menderita tekanan darah tinggi.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp